Makin Sepi Pengunjung, Sepatu Bata Tutup Puluhan Toko
berita
Sumber Foto : sindonews.com
18 June 2021 16:10
Watyutink.com - Perusahaan penghasilan alas kaki PT Sepatu Bata mengumumkan telah mengalami penurunan penjualan hingga 51 persen. Hal ini sebagai dampak pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai. Akibatnya sebanyak 50 toko terpaksa ditutup lantaran penginjung yang datang terus menurun . 

Direktur Sepatu Bata Hatta Tutuko dalam paparan publik, Rabu 16 Juni 2021 mengatakan kondisi tersebut terjadi sejak 2020. Hingga akhir tahun lalu Sepatu Bata hanya mencatatkan penjualan sebesar Rp459 miliar. Jauh dibawah pencapaian tahun sebelumnya yang mencapai Rp931 miliar.

Hatta menambahkan, penutupan toko dilakukan demi mencegah kondisi yang semakin parah. Pasalnya toko-toko tersebut sudah tidak lagi memberikan keuntungan bagi perusahaan. Menurut Hatta, penutupan toko tidak dilakukan secara sengaja, melainkan semata-mata karena toko-toko tersebut sudah tidak profitable. 

Meski demikian, Hatta menegaskan jumlah toko yang ditutup tidak terlalu banyak, hanya 50 toko yang tidak menguntungkan. Hingga Mei 2021 perusahaan sepatu asal Republik Ceko yang hadir di Indonesia sejak 1939 itu masih mempunyao 460 toko. 

Akibat kondisi yang masih tidak menentu, Hatta memastikan perusahaam tidak berniat membuka toko baru. PT Sepatu Bata akan fokus pada toko yang masih ada. Selain itu perusahaan yang mempunyai pabrik di kawasan Kalibata, Jakarta Selatan ini tengah mengembangkan bisnis digital atau penjualan online. 

Akibat penutupan sejumlah toko, Hatta mengaku perusahaan akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK). Terutama karyawan dengan status kontrak tidak akan diperpanjang lagi. Namun Hatta enggan menjelaskan secara rinci berapa banyak karyawan yang terkena PHK. Hatta mengklaim semua dilakukan sesuai aturan pemerintah. 

Konsumen lebih nyaman belanja online. 

Tetaplah kritis membaca berita! 

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF