Nadiem Sebut Sekolah Tatap Muka Bisa Dimulai Juli 2021 Setelah Vaksinasi Guru Usai
berita
Sumber Foto : merdeka.com
25 February 2021 15:13
Watyutink.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan sekolah atau belajar tatap muka kemungkinan bisa dimulai pada Juli 2021. Nadiem berdalih pada Juni 2021 diperkirakan program vaksinasi Covid-19 terhadap para guru atau tenaga pengajar sudah selesai dilaksanakan. 

Saat memberikan keterangan di Jakarta, Rabu 24 Februari 2021, Nadiem menyatakan mungkin sekolah yang melakukan belajar tatap muka pada Juli 2021 belum 100 persen. Tapi setidaknya dua atau tiga kali sepekan belajar tatap muka bisa dilakukan. Sekolah bisa menerapkan sistem rotasi agar bisa tetap menerapkan protokol kesehatan. 

Terkait vaksinasi, pendiri Gojek ini menjelaskan program tersebut memang  diprioritaskan bagi tenaga pendidik. Dimulai dari para guru Sekolah Dasar (SD), Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), dan Sekolah Luar Biasa (SLB). Dilanjutkan dengan guru Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan  Perguruan Tinggi.

Nadiem menuturkan semakin muda jenjang pendidikan, maka proses pembelajaran jarak jauh (PJJ) akan semakin sulit dilakukan. Itulah sebabnya vaksinasi dimulai dengan jenjang pendidikan paling muda atau rendah. 

Nadiem mengatakan, vaksinasi Covid-19 bagi tenaga pendidik ditargetkan menjangkai sebanyak 5,5 juta guru. Jumlah itu sudah termasuk tenaga pendidik di bawah naungan Kementerian Agama dan swasta. Menurut Nadiem diupayakan pada akhir Juni 2021 semuanya sudah tuntas. 

Sebelumnya program vaksinasi guru tahap kedua dimulai pada Rabu 24 Februari 2021 di SMA Negeri 70 Jakarta. Pemerintah menargetkan sasaran vaksinasi Covid-19 tahap kedua mencapai 38.513.446 orang yang terdiri dari 21,5 juta kelompok lanjut usia dan hampir 17 juta petugas pelayanan publik.

Jangan terburu-buru pak, pastikan semuanya aman terlebih dahulu!

Tetaplah kritis membaca berita! 

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Abdillah Ahsan, Dr., S.E, M.S.E.

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas indonesia, Peneliti Lembaga Demografi FEB UI