PLN Beri Subsidi Tarif Listrik Hingga Desember 2021
berita

29 July 2021 15:35
Watyutink.com – Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang subsidi diskon tarif listrik untuk rumah tangga pelanggan 400 VA - 900 VA dan Industri Bisnis hingga bulan Desember 2021 dari semula hanya sampai September 2021.

Aturan itu tertuang dalam Perarturan Menteri ESDM nomor 28/2016, yang terakhir diubah dengan Permen ESDM nomor 3/2020. Di mana terdapat 25 golongan tarif pelanggan bersubsidi.

Adapun perpanjangan stimulus sektor ketenagalistrikan ini meliputi diskon tarif tenaga listrik bagi pelanggan rumah tangga untuk 450 Va dan 900 Va. Kemududian juga pelanggan bisnis kecil 450 Va dan industri kecil 450 VA.

Selain itu juga diberikan pembebasan biaya beban abodemen penerapan ketentuan rekening minimum kepada pelanggan sosial, bisnis industri, dan juga layanan sampai bulan Desember 2021

"Jadi ini struktur tarif tenaga listrik PT PLN persero yang mendapatkan stimulus ketenagalistrikan," jelas Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Ida Nuryatin Finahari, Kamis (29/7/2021).

Dia menambahkan, selain mendapatkan stimulus masyarakat juga mendapatkan subsidi listrik yang diberikan kepada 25 golongan pelanggan. Adapun dengan besaran selisih BPP dan juga margin 7 persen dengan tarif tenaga listrik yang berlaku.

"Perpanjangan stimulus di sektor ketenagalistrikan ini sebagai wujud kehadiran pemerintah, utamanya dalam meringankan beban masyarakat karena terdampak pandemi Covid-19," kata dia.

Adapun stimulus yang diberikan sampai akhir tahun ini meliputi diskon tarif listrik, dan pelaksanaan pembebasan biaya beban atau abonemen.

"Kami perpanjang biaya abonemen atau biaya beban untuk 1,14 juta pelanggan. Kita perpanjang sepanjang tahun sampai Desember sehingga akan ada tambahan Rp420 miliar dari anggaran menjadi Rp 2,11 triliun," tutup dia.

Semoga subsidi ini tepat sasaran dan bisa meringankan beban masyarakat.

Tetaplah kritis membaca berita!

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF