PPKM Level 3 Batal, PBNU Putuskan Muktamar ke-34 Dilaksanakan di Lampung 23-25 Desember 2021
berita
PBNU putuskan Muktamar NU di Lampung. Sumber Foto: nu.or.id/Ahdori)
08 December 2021 13:15
Watyutink.com - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) memutuskan, Muktamar ke-34 NU bakal dilaksanakan di Lampung, 23 – 25 Desember 2021. Keputusan tersebut disampaikan Ketua Umum (Ketum) PBNU KH Said Aqil Siroj saat menyampaikan konferensi pers, Selasa 7 Desember 2021. Dalam pernyataanya, kyai Said menuturkan keputusan pelaksanaan Muktamar ke-34 NU diambil setelah mempertimbangkan beberapa hal, salah satunya keputusan pemerintah yang membatalkan pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 di seluruh Indonesia.

Kyai Said menuturkan pelaksanaan Muktamar ke-34 NU sesuai dengan keputusan Konferensi Besar (Konbes) NU pada 26 September 2021. Dalam Konbes NU diputuskan Muktamar ke-34 dilaksanakan pada 23-25 Desember 2021 di Lampung. Keputusan tersebut ditambah dengan kebijakan pemerintah terkait penerapan PPKM Level 3 selama masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) yang telah dibatalkan pelaksanaannya.  “Dengan ini PBNU memberitahukan penyelenggaraan Muktamar ke-34 NU sepenuhnya sebagaimana keputusan Konferensi Besar NU, 26 September 2021,”ujar kyai Said.  

Pernyataan serupa disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBNU Helmy Faishal Zaini yang menyebut pembatalan PPKM Level 3 adalah kabar gembira. Keputusan tersebut menurut Hemly sebagai pertanda penularan virus corona atau Covid-19 di tanah air semakin menurun. Selain itu penanganan Covid-19 di Indonesia juga semakin membaik.

Kabar terserbut juga menjadi salah satu pertimbangan yang mendorong PBNU melanjutkan agenda Muktamar ke-34 NU. Mantan Menteri Pembangunan Desa Tertinggal (PDT) ini menegaskan, InsyaAllah Muktamar ke-34 NU akan dilaksanakan di Lampung pada 23 hingga 25 Desember 2021. Hal itu sesuai dengan keputusan Konbes NU, 26 September 2021 lalu.

Sebelumnya kepastian pelaksanaan Muktamar ke-34 NU dipastikan melalui cuitan di akun twitter resmi PBNU, @nahdlatululama, Selasa 7 Desember 2021. Dalam cuitan tersebut diunggah ‘Surat Pemberitahuan Pelaksanaan Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama.’ Surat tersebut ditandatangani masing-masing oleh Rois Aam KH Miftachul Akhyar, Khatib Aam KH Yahya Cholil Staquf, Ketum PBNU KH Said Aqil Siroj dan Sekjen PBNU Helmy Faishal Zaini.

Surat tersebut diterbikan pada 7 Desember 2021 dan ditujukan kepada Pengurus Wilayah NU, Pengurus Cabang NU, dan Pengurus Cabang Istimewa (NU). Surat tersebut menyatakan, “Sehubungan dengan kebijakan penarikan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 terkait pencegahan dan penanggulangan Corona Virus Disease 2019 pada masa Nataru, maka dengan ini Pengurus Besar Nahdlatul Ulama memberitahukan bahwa penyelenggaraan Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama adalah sepenuhnya sebagaimana Keputusan Konferensi Besar Nahdlatul Ulama tanggal 26 September 2021. Adapun waktu pelaksanaannya adalah pada tanggal 18-29 Jumadil Ula 1443 H/23-25 Desember 2021 M di Provinsi Lampung.”

Sementara itu terkait lokasi pelaksaan Muktamar ke-34 NU, Ketua Panitia Daerah, Mohammad Mukri menuturkan, terdapat beberapa titik, yakni Pondok Pesantren Darussa’adah, Kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan, Kampus Universitas Malahayati, Kampus Universitas Lampung (Unila) dan Islamic Center Lampung. Menurut Mukri nantinya lokasi yang akan menjadi tempat pembukaan dan penutupan Muktamar akan ditentukan kemudian.

Semoga menghasilkan pimpinan NU yang sesuai dengan aspirasi warga Nahdliyin.

Tetaplah kritis membaca berita!

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF