Pemerintah Tunjuk Fuad Rizal Sebagai Pelaksana Tugas Direktur Utama PT Garuda Indonesia
berita
Sumber Foto : garuda-indonesia.com
06 December 2019 17:02
Watyutink.com – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah menunjuk Direktur Keuangan PT Garuda Indonesia Fuad Rizal sebagai pelaksana tugas (Plt) Direktu Utama  (Dirut) Garuda Indonesia. Hal ini menyusul pemecatan I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra atau Ari Askhara dari jabatan Dirut Garuda Indonesia. Budi menegaskan keputusantersebut sudahdikonfimasikan kebenarannya.

Hal serupa disampaikan staf khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga. Menurutnya penunjukan Fuad lantaran yang bersangkutan tidak ikut dalam penerbangan dari Perancis ke Indonesia. Sedangkan empat direksi lainnya diketahui ikut dalam penerbangan tersebut.

Saat memberikan keterangan pada Jumat (6/12/2019) Arya menambahkan perusahaan maskapai penerbangan plat merah itu membutuhkan pemimpin sesegera mungkin. Pasalnya operasional perusahaan harus tetap berjalan pasca pemecatan Ari Askhara. Arya menuturkan Fuad akan melaksanakan tugas hingga diselenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB).

Sementara itu Komisaris Utama (Komut) PT Garuda Indonesia Sahala Lumban Gaol tidak mengakui penunjukan Fuad sebagai Plt Dirut Garuda Indonesia. Sahala mengatakan rapar dewan komisaris Garuda baru akan dilaksanakan pada Jumat (6/12/2019). Namun Sahala mengakui surat penunjukan sudah siap dan tinggal menunggu tanda tangan.

Seperti diketahui, Menteri BUMN Erick Thohir secara resmi memberhentikan Ari Askhara dari posisi Dirut Garuda. Hal ini menyusul ditemukannya penyelundupan motor Harley Davison dalam pesawat Airbus A330-900. Pesawat pesanan Garuda tersebut diketahui terbang dari Perancis ke Indonesia.

Saat itu Ditjen Bea Cukai menemukan 18 boks warna cokelat dan beberapa koper di lambung pesawat. Kotak tersebut diketahui berisi motor Harley Davidson yang sudah terurai. Ikut pula dalam penerbangan tersebut empart anggota direksi PT Garuda Indonesia, yakni Dirut Ari Askhara, Direktur Kargo dan Pengembangan Usaha Mohammad Iqbal, Direktur Human Capital Heri Akhyar, serta Direktur Teknik dan Layanan Iwan Joeniarto.

Saatnya bersih-bersih Garuda Indonesia!

Tetaplah kritis membaca berita!

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Andry Satrio Nugroho

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)