Pemkot Yogyakarta Rancang Aturan Larang Konsumsi Daging Anjing
berita
liputan6
21 September 2019 14:21
Watyutink.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta rancang aturan pelarangan mengkonsumsi daging anjing. Peraturan ini dirancang oleh Dinas Pertanian dan Pangan.

Kebijakan ini dilakukan sebagai upaya tindak lanjut dari deklarasi perlindungan hewan domestik, termasuk sebagai langkah pencegahan penyakit zoonosis seperti rabies.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta, Sugeng Darmanto menerangkan bahwa aturan ini nantinya akan berbentuk peraturan walikota, dan sudah masuk ke Bagian Hukum awal pekan ini dan rencananya akan segera diterapkan.

Sugeng menjelaskan bahwa selain pelarangan konsumsi daging anjing, peraturan ini juga akan memuat larangan perdagangan anjing untuk kebutuhan konsumsi dan ketentuan lain terkait kesejahteraan dan penanganan anjing.

Alasannya adalah karena anjing merupakan hewan domestik yang memerlukan perlindungan dan mencegah perlakukan sadis atau kurang baik terhadap anjing yang akan dikonsumsi. Selain itu bisa menyebabkan rabies yang berbahaya bagi kesehatan manusia.

Lebih lanjut, Sugeng menjelaskan bahwa peraturan walikota ini nantinya tidak bersifat memberikan ancaman sanksi  tetapi lebih bersifat edukasi dengan harapan masyarakat mulai mengurangi tingkat konsumsi daging anjing bahkan menghentikannya.

Jika peraturannya hanya bersifat larangan tanpa konsekuensi hukum akankah memberikan efek jera?

Tetaplah kritis membaca berita! (oct)

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

Lana Soelistianingsih, Dr., S.E., M.A.

Ekonom Universitas Indonesia, Kepala Riset/ Ekonom Samuel Aset Manajemen

FOLLOW US

Ketergantungan pada Komoditas Dikurangi, Perbanyak Industri Olahan Berbasis Komoditas             Setia Ekspor Komoditas Alam, atau Diversifikasi Ekspor?             Perlu, Optimalisasi Non Tariff Measure (NTM)             Kebijakan NTM akan Bermanfaat, Selama Tidak Berlebihan.             Sesuaikan pilihan jenis NTM dengan karakteristik produk impor             Kebijakan Mandek Terganjal Implementasi, Koordinasi, Eksekusi               Pemerintah Sibuk Urusi Poliitk             Tinjau Kembali Struktur Industri Nasional             Benahi Dulu ICOR Indonesia             Ekonomi Digital Jadi Pelengkap Saja