Pengunjung Warteg di Jakarta Wajib Punya Sertifikat Vaksin Covid-19
berita

30 July 2021 08:00
Watyutink.com - Pemprov DKI Jakarta baru-baru ini membuat aturan yang mewajibkan masyarakat mengantongi sertifikat vaksin Covid-19 jika ingin makan di warung tegal atau warteg. Aturan tersebut juga berlaku bagi pedagang yang ingin warungnya tetap buka selama mass Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 hingga Agustus 2021.

Aturan tersebut tertuang dalam Keputusan Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi DKI Jakarta Nomor 402 Tahun 2021 tentang PPKM Level 4 Covid-19 pada Sektor Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah.

Pelaksana Tugas Plt Kepala Dinas (Kadis) Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah DKI Jakarta Andri Yansyah, dalam keterangannya, Kamis 29 Juli 2021 mengatakan, aturan tersebut mengiringan aturan yang sebelumnya sudah berlaku, yakni maksimal jumlah pengunjung 3 orang. Pengunjung juga hanya diperbolehkan makan selama maksima 20 menit.

Andri menegaskan warteg dan tempat makan sejenis hanya diperbolehkan buka sampai pukul 20.00 WIB. Penerapan protokol kesehatan menurut Andri akan diterapkan secara lebih ketat, dengan memperhatikan pemakaian masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan serta membatasi mobilisasi,” ujarnya.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta memutuskan memperpanjang masa  PPKM Level 4 di Ibu Kota mulai 26 Juli hingga 2 Agustus 2021. Kebijakan itu tertuang dalam Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 938 Tahun 2021 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4 Corona Virus Desease 2019 yang disahkan pada Senin 26 Juli 2021.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta masyarakat tetap waspada. Meski saat ini sudah ada penurunan kasus positif Covid-19, Anies menegaskan potensi kenaikan masih ada. Itulah sebabnya diperlukan konsistensi semua pihak agar angka penularan Covid-19 tidak kembali naik.

Saat memberikan keterangan resmi, Selasa 27 Juli 2021, Anies mengajak seluruh warga Jakarta selalu optimis dan bersama-sama berusaha menurunkan situasi kegawatan yang saat ini masih terjadi.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ini meminta warga ibu kota tetap waspada dan jangan lengah serta selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Cuma mau makan kok ribet amat sih pak!

Tetaplah kritis membaca berita!

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF