Risma Hadiri Pemusnahan Narkoba di BNN, Warganet: Apa Nggak Ada yang Kasih Tahu Tupoksi Mensos
berita
Sumber Foto : poskota.co.id
25 February 2021 16:22
Watyutink.com - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini diketahui menghadiri acara pemusnahan barang bukti narkotika. Kegiatan ini berlangsung pada 24 Februari Rabu 24 Februari 2021 di Kantor Badan Narkotika Nasional (BNN), Cawang, Jakarta. Pada kesempatan itu wanita yang akrab disapa Risma ini mengajak seluruh instansi untuk terus bekerja sama dalam mengatasi masalah narkotika. 

Risma menceritakan saat masih menjabat Wali Kota Surabaya pada 2019, pihaknya mencatat lebih dari 3,6 juta orang menjadi korbam penyalahgunaan narkoba. Menurutnya jumlah tersebut hanya di Kota Surabaya, jika dihitung secara nasional tentu jumlahnya jauh lebih besar. 

Risma juga mengajak masyarakat merangkul dan membantu proses rehabilitasi pada korban penyalahgunaan narkoba. Risma menilai hak itu perlu guna mencegah para korban bisa hidup normal dan tidak lagi terjerumus menggunakan narkoba. 

Dalam pemusnahan kali ini, sebanyak 84 kilogram sabu-sabu dan 115 kilogram ganja dimusnahkan petugas. Keseluruhnya merupakan pengungkapan dari tujuh kasus yang berbeda dengan mengamankan 12 orang tersangka.

Kehadiran Risma dalam acara di BNN tak pelak mengundang sorotan publik. Warganet bahkan menganggap aneh kehadiran Risma. Pasalnya warganet menganggap pemusnahan narkoba bukan menjadi wewenang dan tugasnya sebagai Mensos. 

Pemilik akun twitter @ABisaapa dalam cuitannya menuliskan "Sekian lamanya RI berdiri, baru sekali-kalinya melihat Mensos hadiri pemusnahan barbuk narkoba." 

Pemilik aku @Goemdala menulis komentar menarik. Menurutnya kemungkinan sekretaris Risma salah menulis jadwal. Seharusnya berkoordinasi dengan BNPB tapi ditulis BNN. Tapi karena sudah terlanjur ya sudah, musnahin narkoba saja. 

Pemilik akun @fadlulrahman menuliskan "Indonesia lagi banyak musibah, kok malah nyari panggung di BNN." Pemilik akun @salima252 mempertanyakan apakah tidak ada yang memberitahu beliau tentang Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) Mensos?

Pemilik akun @PapaMisterius menuliskan, "Berusaha mencari hubungan antara kerjaan Mensos dengan pemusnahan barbuk narkoba. Tetap nggak ketemu juga." 

Menurutnya sekarang, saat musim bencana akan lebih tepat jika Mensos berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bukan dengan Badan Nasional Narkotika (BNN). Prioritasnya adalah penyaluran bantuan untuk bencana.

Kerjaan sendiri masih banyak kok malah urusi yang lain! 

Tetaplah kritis membaca berita!

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Abdillah Ahsan, Dr., S.E, M.S.E.

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas indonesia, Peneliti Lembaga Demografi FEB UI