Selain Kabupaten Bogor dan Kabupaten Tangerang, Wilayah Jabodetabek Masuk PPKM Level 2
berita
Sumber Foto : liputan6.com/Herman Zakharia
19 October 2021 14:00
Watyutink.com – Pemerintah secara resmi kembali memperpanjang penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) selama 2 pekan hingga 1 November 2021. Dalam perpanjangan kali ini, beberapa daerah sudah berstatus Level 2, salah satunya dalah wilayah DKI Jakarta. Selain itu juga wilayah sekitar, selain Kabupaten Bogor dan Kabupaten Tangerang. Kedua daerah tersebut masih berstatus PPKM Level 3.

Keputusan penurunan level di ibu kota dan sekitarnya tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 53 Tahun 2021 tentang PPKM Level 3, level 2 dan level 1 COVID-19 di Wilayah Jawa Bali, yang ditandatangani Mendagri Tito Karnavian, Senin 18 Oktober 2021. Dalam Inmendagri itu disebutkan, "DKI Jakarta untuk wilayah kabupaten/kota dengan kriteria level 2 (dua) yaitu Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Kota Administrasi Jakarta Barat, Kota Administrasi Jakarta Timur, Kota Administrasi Jakarta Selatan, Kota Administrasi Jakarta Utara dan Kota Administrasi Jakarta Pusat."

Wilayah sekitar ibu kota yang menerapkan PPKM Level 2 adalah Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan di Provinsi Banten. Di Provinsi Jawa Barat adalah Kota Bogor, Kota Depok, Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi. Sementara Kabupaten Bogor, Kabupaten Tangerang masih menerapkan PPKM Level 3.

Sebelumnya pemerintah melalui Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan memperpanjang PPKM selama 2 pekan, terhitung sejak 19 Oktober hingga 1 November 2021. Pada perpanjangan kali ini pemerintah mengubah metode penurunan level PPKM untuk wilayah aglomerasi. Perubahan itu lantaran ada wilayah yang masih dalam algomerasi yang belum mencapai target vaksinasi. Padahal wilayah lain dalam algomerasi itu sudah mencapai target.

Saat menyampaikan pengumunan secara virtual, Senin 18 Oktober 2021, Luhut mencontohkan wilayah Jakarta Bogor Depok Tangerang dan Bekasi atau Jabodetabek. Wilayah ini seharusnya sudah bisa turun ke Level 2. Namun masih terganjal karena 2 daerah, Kabupaten Bogor dan Kabupaten Tangerang masih berstatus Level 3.  

Itulah sebabnya menurut Luhut, saat ini syarat vaksinasi di wilayah algomerasi diubah menjadi berdasarkan capaian masing-masing kota. Koodinator PPKM Jawa Bali ini menegaskan perubahan itu sudah mendapat persetujuan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kalau PPKM Level 2 boleh selenggarakan Pilkada atau tidak pak?

Tetaplah kritis membaca berita!

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF