Siapkan Posisi untuk Novel Baswedan Cs, Polri: Tidak Semua Penyidik, Ada yang SDM dan Perencanaan
berita
Brigjen Rusdi Hartono. Sumber Foto : Dok. Humas Polri
25 November 2021 11:35
Watyutink.com – Mabes Polri dikabarkan tengah mempersiapkan posisi-posisi yang bakal ditempati mantan pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang tidak lulus Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Sebanyak 57 mantan pegawai KPK itu akan ditempatkan di berbagai bagian sesuai dengan kemampuannya.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono mengatakan tidak semuanya akan menjadi penyidik atau penyelidik. Pasalnya tidak semua mantan pegawai KPK itu berlatar belakang penyidik. Saat memberikan keterangan, Selasa 23 November 2021, Rusdi menyebut akan ada yang ditempatkan di bagian Sumber Daya Manusia (SDM) dan bagian perencanaan.

Ada pula menurut Rusdi yang ditemparkan di bidang keamanan. Semuanya akan disesuaikan dengan bidang apa yang digeluti pegawai tersebut saat masih bertugas di KPK. Rusdi menambahkan Polri juga akan meminta rekomendasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Nantinya Kemenpan RB akan memberikan keterangan, posisi-posisi mana yang bisa ditempati oleh 57 mantan pegawai KPK.

Mantan Kapolrestabes Makassar ini memastikan tidak ada kendala dalam perekrutan Novel Baswedan dan kawan-kawan menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) Polri. Meski demikian menurut Rusdi, Polri akan menyempurnakan payung hukung terkait perektrutan mantan pegawai KPK. Hal ini dimaksudkan agar proses perekrutan mereka dilakukan secara legal dan sesuai aturan yang berlaku.

Segala sesuatunya sedang dipersiapkan agar berjalan dengan baik dan legalitasnya bisa dijaga. Intinya menurut Rusdi, Polri menyiapkan segala sesuatu dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai nanti di ujungnya ada permasalahan hukum. Rusdi menegsakan Polri sangat menghindari hal tersebut.

Jangan lama-lama pak, agar mereka bisa segera bertugas kembali.

Tetaplah kritis membaca berita!

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF