Sidang Bawaslu Putuskan KPU Lakukan Pelanggaran Situng
berita
Sumber Foto : news.detik.com
16 May 2019 11:55
Watyutink.com – Badan Pengawas Pemiluhan Umum (Bawaslu) dalam sidang di Gedung Bawaslu RI, Jalan HM Thamrin, Jakarta Kamis (16/5/2019) memutuskan Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah melakukan pelanggaran administrasi pemilu. Abhan, Ketua Majelis Hakim dalam persidangan tersebut menyatakan, KPU dinyatakan melanggar tata cara dan prosedur penginputan data ke sistem informasi penghitungan suara (situng).

Selanjutnya, Bawaslu meminta KPU segera memperbaiki sistem, tata cara, dan prosedur penginputan data ke situng. Meski demikian, Bawaslu meminta situng tetap dipertahankan sebagai instrumen untuk menjamin keterbukaan informasi. Bawaslu menyebut situng telah diakui dalam undang-undang yang berlaku.

Sementara itu anggota Majelis Hakim, Ratna Dewi Petalolo mengharapkan, KPU lebih memperhatikan ketelitian dan keakuratan saat memasukan atau menginput data dalam situng. Hal itu dilakukan agar tidak menimbulkan polemik di masyarakat. Terlebih selama proses pemilu masyarakat selalu memantau melalui situng.

Sebelumnya, pada Kamis (2/5/2019), Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo  - Sandiaga telah melaporkan adanya kecurangan dalam proses input data melalui situng KPU. Dalam laporan dengan nomor registarsi Nomor 07/LP/PP/ADM/RI/00.00/V/2019 tersebut, BPN meminta KPU menghentikan situng.

Kalau sudah terbukti terjadi pelanggaran, selanjutnya harus ada tindakan. Kalau berhenti hanya sampai di sini ya sama saja bohong dong!

Tetaplah kritis membaca berita!

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Gigin Praginanto

Pengamat Kebijakan Publik, Wartawan Senior

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

FOLLOW US

Wajar Ada Ketidakpuasan Terkait Kinerja KKP             Hidupkan Lagi Direktorat Keselamatan Jalan             Masalah Klasik Pidana Penjara             Pelesiran Setya Novanto, Biasa Itu!             Kinerja Menkumham Benahi Lapas Tidak Memuaskan             Maskapai Asing, Investasi yang Buruk Bagi Ekonomi Nasional              Hilangnya Kompetisi di Pasar Penerbangan Domestik             Masalah pada Inefisiensi dan Pengkonsentrasian Pasar              SBY Harus Bisa Menenangkan              Lebih Baik Kongres 2020