Sindir Santri Tutup Kuping, Diaz Hendropriyono dan Deddy Corbuzier Panen Hujatan
berita
Diaz Hendropriyono. Sumber Foto : kompas.com
16 September 2021 12:10
Watyutink.com - Dua pesohor tanah air menjadi bulan-bulanan warganet dalam beberapa hari terakhir. Keduanya adalah Staf Khusus Presiden Joko Widodo, Diaz Hendropriyono dan mentalis sekaligus pembawa acara Deddy Corbuzier. Keduanya panen hujatan di media sosial (medsos) lantaran menyindir sikap para santri yang menutup kuping saat mendengar musik.

Kejadian bermula saat Diaz mengunggah video santri yang menutup kuping saat mendengar musik. Pada video yang diunggah Senin, 13 September 2021, Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) ini juga menampilkan orang Arab yang berjoget sambil mengikuti irama musik.

Dalam unggahannya, Diaz memberikan komentar, "Sementara itu….. Kasian, dari kecil sudah diberikan pendidikan yang salah. There’s nothing wrong to have a bit of fun!!"

Tak lama berselang, Deddy Corbuzier membalas unggahan tersebut dengan berkomentar. "Mungkin mereka lagi pakai airpod. Terganggu....ye kan." Diaz pun balik membalas komentar Deddy dengan menuliskan "Pinteeeerrrr," sambil memberikan emotikon tepuk tangan.

Akibat pernyataannya itu, Diaz dan Deddy pun panen hujatan di medsoa. Warganet menilai tidak sepantasnya tindakan para santri dikomentari dan dijadikan bahan candaan seperti itu.

Putri mantan Presiden Abdurachman Wahid, Zannuba Ariffah Chafsoh dalam akun Instagramnya, @yennywahid, Kamis, 16 September 2021, menyebutkan santri dalam video itu dari Ma'had tahfidz Quran. Wanita yang biasa disapa Yenny Wahid ini menurturkan mereka adalah para santri penghafal Alquran yang punya kewajiban menjaga hafalan mereka.

Yenny menerangkan, menghafal Al Quran bukan pekerjaan mudah. Ia menceritakan, kawan baiknya Gus Fatir dari pesantren @ponpespi_alkenaniyah belajar menghafal Al Quran sejak usia 5 tahun. Yenny menambahkan agar bisa mengingat dan menghafal bacaan Al Quran dibutuhkan suasana tenang dan hening agar lebih bisa berkonsentrasi.

Mantan Menteri Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Tifatul Sembiring dalam cuitan di akun twitternya @tifsemburing, menuliskan, "Seorang penghafal Al Quran (hafidz) cerita, pernah sekali nonton film Kungfu, akibatnya hafalannya hilang 1 juz. Menghafal Al Quran itu butuh perhatian dan konsentrasi tinggi. Meski buzzeRp nggak ngerti, paling tdk hormati pemelihara Firman Allah SWT."

Wakil Ketua MPR, Hidayat Nur Wahid melalui akun twitternya @hnurwahid menuliskan, "Mestinya focus pada vaksinasinya. Santri2 tahfidh ini sudah mau ikuti program vaksinasi dari Pemerintah. Apa pemerintah melarang tutup kuping? Dalam fiqih Sunni ada yg larang dengar musik, ada yg bolehkan. Ngaji lagi yuk, dengar penjelasan Wasekjend MUI."

Warganet lainnya juga turut memberikan komentar. Hingga Rabu 15 September 2021, 17 ribu warganet berkomentar atas unggahan video tersebut. Sebanyak 5.500 komentar membalas percakapan Diaz dan Deddy.

Akun milik @riana_ririe_wulansari menuliskan, "@mastercorbuzie.. Astaghfirullah...segitu sinisnya sama usaha sesama muslim untuk menghafal Al-Quran." Pemilik akun @irfan_noviandana menuliskan, "@mastercorbuzier, mereka penghafal Al-Quran, buat yang ngafal Al-Quran itu musik ganggu hafalannya. Stop nyinyir."

"Kelak postingan ini akan diminta pertanggungjawaban, beserta yang komennya miring terhadap santri hafiz Al-Quran," tulis @ikel_jasin. Sedangkan aku @bugioclothing mencuit, "Astaghfirullah, katanya toleransi, tapi julid, harusnya kalau benar toleransi menghargai, tidak nyinyir."

Jangan asal nyinyir kalau tidak paham suatu hal, jadinya justru memalukan!

Tetaplah kritis membaca berita!

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF