Terlanjur Buat Keputusan, Pemprov DKI Jakarta Tetap Terapkan PPKM Level 3 saat Nataru
berita
Penerapan PPKM di Jakarta. Sumber Foto : Antara/Rivan Awal Lingga
08 December 2021 08:00
Watyutink.com - Pemprov DKI Jakarta menyatakan tetap akan menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 selama masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Keputusan ini diambil lantaran Pemprov DKI Jakarta sudah terlanjur membuat keputusan terkait libur Nataru. 

Rencananya PPKM Level 3 akan diterapkan di wilayah DKI Jakarta selama 10 hari, sejak 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022. 
Keputusan tersebut tertuang dalam Keputusan Gubernur (Kepgub) DKI Jakarta Nomor 1430 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3 Covid-19. 

Kepgub tersebut menindaklanjuti Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 62 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 pada saat Natal dan Tahun Baru 2022. Dikutip dari Antara, Selasa 7 Desember 2021, disebutkan bahwa Kepgub 1430 diteken Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Kamis 2 Desember 2021 atau 4 hari sebelum pemerintah pusat membatalkan penerapan PPKM Level 3 di seluruh Indonesia. 

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria dalam keterangannya mengatakan memontum liburan seringkali disertai dengan meningkatan kasus Covid-19. Itulah sebabnya Pemprov DKI Jakarta perlu mengambil langkah pencegahan. Salah satunya dengan membatasi aktivitas masyarakat melalui mekanisme PPKM Level 3. 

Sebelumnya pemerintah memutuskan membatalkan pelaksanaan PPKM Level 3 di seluruh Indonesia. Pemerintah beranggapan PPKM Level 3 telah merusak tatanan Level 1 dan 2 yang sudah berlaku selama ini. Namun menurutnya, pemerintah nantinya akan memberlakukan aturan khusus selama Nataru.

Keputusan ini disampaikan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dalam keterangan tertulisanya, Senin 6 Desember 2021. Luhut mengatakan  penerapan level PPKM selama Nataru akan tetap mengikuti asesmen situasi pandemi sesuai yang berlaku saat ini bagi setiap daerah.

Luhut menerangkan pelaksanaan PPKM saat libur Nataru akan dibuat lebih seimbang. Selain itu penerapan testing, tracing dan treatment (3T) akan digencarkan bahkan lebih diperkuat. Syarat perjalanan akan tetap diperketat.

Penumpang dari luar negeri diperbolehkan masuk dengan syarat hasil tes PCR negatif maksimal 2x24 jam sebelum keberangkatan serta melakukan karantina selama 10 hari di Indonesia.

Akibat pemerintah pusat yang sering berubah-ubah membuat keputusan. 

Tetaplah kritis membaca berita! 

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF