• Jumat, 1 Juli 2022

Menkes Tegaskan Indonesia Siap Hadapi Pandemi Baru setelah Covid-19

- Minggu, 15 Mei 2022 | 10:00 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin. Foto : Dok. Biro Pers Setpres
Menkes Budi Gunadi Sadikin. Foto : Dok. Biro Pers Setpres

Watyutink.com - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyatakan Indonesia siap menghadapi kemungkinan munculnya wabah penyakit di masa datang. Bahkan jika wabah tersebut kemungkinan berubah menjadi pandemi. 

Kesiapan tersebut bukan hanya Indonesia tapi juga negara lain di ASEAN, seperti Vietnam, Thailand dan Singapura. Hal ini setelah Indonesia bersama negara tersebut sepakat membentuk pusat kerja sama ASEAN untuk mencegah kemungkinan munculnya wabah yang bisa menjadi pandemi. 

Saat memberikan keterangan pers pada acara Asean Health Ministers Meeting 2022 di Bali, seperti dikutip dari detik.com, Sabtu 14 Mei 2022, Budi mengatakan tiap-tiap negara sudah memberikan komitmen untuk saling bekerja sama. Budi menerangkan kerja sama diwujudkan guna mendorong 3 pilar yakni surveilans, deteksi dan respons, hingga risk management atau manajemen risiko penyakit. 

Kerja sama tersebut berkaca pada pandemi Covid-19, setiap negara yang tergabung dalam program ASEAN Centre for Public Health Emergencies and Emerging Diseases melakukan deteksi dini hingga melihat seberapa besar risiko penyakit menjadi pandemi

Budi menuturkan pandemi tidak hanya disebabkan oleh wabah di satu negara, melainkan penyakit yang sudah menyebar di hampir seluruh dunia. "Mempersiapkan ke depannya kalau ada potensi outbreak kita siap, karena pandemi ini nanti kan tidak eksklusif di satu negara saja, tapi bisa juga ke negara-negara lain," ujarnya.

Sementara itu terkait Covid-19, mantan Wakil Menteri BUMN ini menilai saat ini secara nasional kondisinya terus membaik. Pada Sabtu 14 Mei 2022, tercatat 5 pasien meninggal dunia. Jumlah ini turun 50 persen dibanding hari sebelumnya. 

Namun Budi tidak menjelaskan apakah saat ini Indonesia sudah terlepas dari kondisi pandemi dan berubah menjadi endemi. Menurutnya masih perlu dilihat tren kasus Covid-19 pasca Lebaran selama dua pekan ke depan. Hal ini untuk memastikan kondisi Covid-19 di Indonesia sudah benar-benar membaik.

Jangan takabur pak! 

Tetaplah kritis membaca berita!

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Terkini

X