• Selasa, 5 Juli 2022

Dilaporkan ke Polisi karena Dugaan Rasisme, Ruhut Sitompul Pergi ke Amerika Serikat

- Selasa, 17 Mei 2022 | 09:00 WIB
Politikus PDIP Ruhut Sitompul
Politikus PDIP Ruhut Sitompul

Watyutink.com - Politikus PDIP Ruhut Sitompul dikabarkan telah bertolak ke Amerika Serikat (AS). Hal itu diketahui melalui cuitan di akun twitternya, @ruhutsitompul, Minggu 15 Mei 2022. Dalam cuitannya, Ruhut menyebut sedang menghadiri wisuda anaknya yang lulus S2 di Universitas New York.

“Aku lagi transit di Narita Jepang menuju New York USA AnakKu dilantik S2nya di New York Universitas mendapat Bea Siswa dari Negara Indonesia tercinta Puji Tuhan MERDEKA,” kata Ruhut melalui akun twitternya.

Dalam pernyataannya, mantan anggota DPR RI ini juga menyinggung pihak-pihak yang menghinanya. “Ngebacotlah terusssssss menghina Aku, Do’aKu Semoga kalian di Berkati Tuhan kembali kejalan yg benar,” ujarnya.

Kepergian Ruhut ke AS tak berselang lama setelah dilaporkan ke Polda Metro Jaya dalam kasus dugaan tindakan rasisme. Seperti telah diberitakan, Ruhut telah mengunggah foto Anies Baswedan dengan memakai baju adat Suku Dani, Papua. Dalam unggahan di akun twitter @ruhut sitompul, Rabu 11 Mei 2022 itu, mantan anggota DPR RI ini juga menuliskan komentar, "Ha ha ha kata orang Betawi usahe ngeri X Sip deh."

Akibat unggahan itu Ruhut harus berurusan dengan polisi. Pasalnya Panglima Komandan Patriot Revolusi (Kopatrev) Petrodes Mega M.S Keliduan atau Mega melaporkan mantan anggota DPR RI itu ke Polda Metro Jaya.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Endra Zulpan mengatakan Ruhut dilaporkan atas dugaan melanggar Pasal 28 ayat (2) juncto Pasal 45A ayat (2) UU RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi elektronik (ITE).

Zulpan menerangkan laporan dilakukan pada Rabu 11 Mei 2022 dan telah diterima dengan nomor LP/B/2299/SPKT/Polda Metro Jaya. Zulpan menambahkan saat ini penyedik tengah mempelajari laporan tersebut.

Saat memberikan keterangan, Jumat 13 Mei 2022 mantan Kabid Humas Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) ini memastikan kasus dugaan tindakan rasisme yang dilakukan Ruhut bakal segera diproses. Bahkan penyidik segera menjadwalkan pemanggilan Ruhut selaku pihak terlapor dalam kasus dugaan tindakan rasisme.

Zulpan menuturkan saat ini beberapa Direktur Reserse baru serah terima jabatan. Setelah serah terima dilakukan, Zulpan menyatakan penyidik akan memulai pemeriksaan. Agenda terdekat adalah pemeriksaan para saksi.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Terkini

Tax Amnesty II Raup Pajak Rp61 Triliun

Jumat, 1 Juli 2022 | 21:45 WIB
X