• Jumat, 1 Juli 2022

Jaksa Agung Sebut Lin Che Wei Punya Peran Penting di Kemendag, Ikut Atur Distribusi Minyak Goreng

- Kamis, 19 Mei 2022 | 09:00 WIB
Lin Che Wei kenakan rompi pink tahanan Kejagung. Foto : Dok. Humas Kejagung
Lin Che Wei kenakan rompi pink tahanan Kejagung. Foto : Dok. Humas Kejagung

Watyutink.com - Jaksa Agung Sanitiar (ST) Burhanuddin membeberkan peran Lin Che Wei dalam kasus dugaan korupsi izin ekspor minyak goreng mentaj atau Crude Palm Oil (CPO). Peran tersebut tergolong penting lantaran Lin Che Wei turut terlibat dalam pengambilan keputusan dan memberikan rekomendasi persetujuan ekspor (PE) terhadap beberapa perusahaan.

Saat memberikan keterangan, Rabu 18 Mei 2022, Burhanuddin mengatakan Lin Che Wei mulai masuk ke lingkungan Kementerian Perdagangan (Kemendag) pada Januari 2020. Tak lama setelah Muhammad Lutfi ditunjuk menjadi Menteri Perdagangan (Mendag) pada 23 Desember 2020.

"Sejak, kira-kira kemungkinan dengan struktur menteri yang baru kalau tidak salah. Januari kalau tidak salah keberadaannya tuh," kata Burhanuddin

Sejak saat itu Lin Che Wei berperan aktif dalam menghubungkan Kemendag dengan perusahaan-perusahaan sawit yang bermasalah. Burhanuddin mengaku heran dengan peran penting Lin Che Wei di Kemendag. Terlebih ia adalah pihak swasta yang tidak mempunyai kontrak khusus dan mengikat dengan Kemendag.

"Saya juga heran, dia orang swasta tanpa direkrut dengan suatu keputusan, dia bisa bicara di sini dan bisa mengambil kebijakan bersama dengan Dirjen Perdagangan Luar Negeri untuk menentukan Domestic Market Obligation (DMO)," ujarnya.

Burhanuddin menambahkan seharusnya penentuan DMO dilakukan tanpa ada keterlibatan pihak swasta. Pasalnya hal itu bersifat struktural. Jika pihak swasta ikut campur, Burhanuddin menegaskan bisa berbahaya.

“Seharusnya tetap ditentukan oleh hal-hal yang bersifat struktural dan tidak melibatkan swasta, ini kan berbahaya swasta di situ dan ikut menentukan kebijakan, dan ini berbahaya,” ujarnya.

Itulah sebabnya mantan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Selatan dan Barat ini memastikan pihaknya akan mengusut kasus ini sampai tuntas. Burhanuddin mengatakan penyidik memiliki bukti kuat soal keterlibatan Lin Che Wei dalam dugaan korupsi minyak goreng.

Sebelumnya Kejagung secara resmi menetapkan Lin Che Wei alias Weibinanto Halimdjati sebagai tersangka dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi pemberian izin ekspor minyak sawit mentah atau Crude Palm Oil (CPO).

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Terkini

X