• Selasa, 5 Juli 2022

Arab Saudi Larang Warganya Pergi ke Indonesia, Kemenlu: Kami Minta Ditinjau Kembali

- Senin, 23 Mei 2022 | 14:00 WIB
Raja Salman larang warganya perg ke Indonesia Foto : Saudi Press Agency
Raja Salman larang warganya perg ke Indonesia Foto : Saudi Press Agency

Watyutink.com – Pemerintah Arab Saudi dikabarkan mengeluarkan larangan warganya bepergian ke 16 negara, termasuk Indonesia. Larangan bepergian dikeluarkan terkait dengan kasus penularan virus corona atau Covid-19 di Indonesia dan 15 lainnya yang dianggap masih tinggi.

Laranan perjalanan tersebut diumumkan Direktorat Jenderal Paspor atau Jawazat Arab Saudi, seperti dilaporkan Saudi Gazette, Sabtu 21 Mei 2022, selain Indonesia, negara pimpinan Raja Salman itu juga melarang warganya melawat ke Lebanon, Suriah, Turki, Iran, Afghanistan, India, Yaman, Somalia dan Ethiopia. Selain itu juga Republik Demokratik Kongo, Libya. Vietnam, Armenia, Belarus dan Venezuela.

Pemerintah Indonesia pun meminta penjelasan dari Arab Saudi terkait larangan tersebut. Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Teuku Faizasyah menyatakan Indonesia meminta Arab Saudi meninjau kembali larangan bepergian warganya. Pasalnya saat ini kondisi pandemic Covid-19 di Indonesia semakin membaik.

Dalam keterangannya, Senin 23 Mei 2022, Faizasyah bahkan membandingkan kondisi di Indonesia dengan negara-negara lain di Eropa. "Kemlu sudah menyampaikan ke pihak Saudi untuk meninjau kebijakan tersebut karena kondisi di Indonesia sudah jauh lebih baik, bahkan jika dibandingkan dengan beberapa negara Barat sekalipun," tutur Faizasyah.

Mantan Duta Besar (Dubes) RI untuk Kanada ini mengaku Kemendagri sampai saat ini belum memberikan tanggapan atas permintaan Indonesia itu.  

Sementara itu perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia dilaporkan terus mengalami penurunan, terutama jika dibandingkan Feburari 2022 lalu. Saat ini dalam sepekan kasus baru yang tercatat sebanyak rata-rata 263 kasus baru. Sedangkan total kasus penularan virus penyakit yang bermula dari Wuhan, China itu di Indonesia sebanyak 6,05 juta dengan jumlah pasien meninggal duna sebanyak 157 orang.

Semakin membaiknya kondisi di Indonesia juga ditandai dengan semakin dilonggarkannya aturan terkait Covid019. Pemerintah sejak pekan lalu sudah memperbolehkan masyarakat beraktivitas di luar ruangan tanpa mengenakan masker. Pemerintah juga sudah menghapus kewajiban tes PCR bagi pendatang dari luar negeri yang akan memasuki Indonesia. Aturan jaga jarak di transportasi umum pun sudah ditiadakan.  

Jangan-jangan bukan melulu soal Covid-19, bisa jadi ada perkara lain.

Tetaplah kritis membaca berita!

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Terkini

Tax Amnesty II Raup Pajak Rp61 Triliun

Jumat, 1 Juli 2022 | 21:45 WIB
X