• Selasa, 5 Juli 2022

Jika Tak Terkendali,Pemerintah Bakal Bentuk Satgas Hepatitis Akut

- Senin, 23 Mei 2022 | 20:10 WIB
Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net

Watyutink.com – Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengatakan, pemerintah mempertimbangkan membentuk satuan tugas (Satgas) untuk penanganan Hepatitis Akut, jika kasus tersebut sudah merebak semakin cepat.

"Nanti kalau memang kita rasa cukup bahwa kasus ini akan merebak cepat, atau memang kita perlu melakukan pembentukan satgas untuk melakukan evaluasi surveilans, maka kita akan melakukan pembentukan satgas," ujar Dante saat rapat kerja dengan Komisi IX DPR RI, Senin (23/5/2022).

Pemerintah, kata dia, belum membentuk Satgas penanganan Hepatitis Akut karena sejumlah alasan.

"Dengan kondisi yang juga belum diketahui bagaimana cara penularannya, apakah melalui respirasi melalui droplet, apakah melalui oral atau makanan yang biasanya pada kasus hepatitis, atau apakah ini bagian dari pasca-Covid yang sudah ada sebelumnya. Ini yang belum diketahui," ujar Dante.

Perkembangan kasus Hepatitis Akut itu masih terus dievaluasi. Serta penularannya masih belum diketahui hingga kini.

Namun, Dante mengakui ancaman Hepatitis Akut mengkhawatirkan. Terutama bagi orangtua yang memiliki anak berusia 16 tahun.

"Memang mengkhawatirkan buat kita semua terhadap kita yang mempunyai putra dan putri yang masih berusia di bawah 16 tahun. Ditambah lagi ada pertanyaan bahwa jam anak sekolah makin meningkat," jelas Dante.

Kementerian Kesehatan terus mengikuti perkembangan kasus Hepatitis Akut dengan koordinasi bersama Kemendikbud. Saat ini masih dilaporkan total 14 kasus Hepatitis Akut di Indonesia.

"Jadi kalau ditanya berapa jumlah kasus yang ada di Indonesia, ada 14 kasus, satu yang probable karena sudah lengkap diagnosisnya, yang 1 pending klasifikasi karena menunggu hasil pemeriksaan yang lain," kata Dante.

Halaman:

Editor: Yenglis

Terkini

Tax Amnesty II Raup Pajak Rp61 Triliun

Jumat, 1 Juli 2022 | 21:45 WIB
X