• Jumat, 1 Juli 2022

Ingin Lebih Bernuasa Betawi, Anies Ganti ‘HUT DKI’ Jadi ‘Jakarta Hajatan'

- Selasa, 24 Mei 2022 | 13:00 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto : gatra.com/Adi Wijaya
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto : gatra.com/Adi Wijaya

Watyutink.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memutuskan mengganti istilah Hari Ulang Tahun (HUT) menjadi Jakarta Hajatan. Keputusan ini guna lebih memberikan nuansa Betawi pada peringatan hari lahir Ibu Kota Jakarta tahun ini. Hal itu disampaikan Anies saat membuka rangkaian acara Jakarta Hajatan ke-495 di Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu, Jakarta, Selasa 24 Mei 2022.

Dalam acara Jakarta Hajatan, Anies terlihat didampingi istrinya, Ferry Farhati. Hadir pula Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria serta para kepala dinas di lingkungan Pemprov DKI Jakarta. Dalam sambutannya, Anies menerangkan tujuannya menggunakan kata ‘hajatan’ menggantikan ‘hari ulang tahun’ seperti yang selama ini digunakan. Anies menuturkan kata 'hajatan' lebih menggambarkan suasana Betawi.

"Tahun ini kita mulai gunakan istilah menggantikan nama dari ulang tahun, tapi menjadi Jakarta Hajatan, dan hajatan itu istilah yang sangat Betawi. Ini adalah istilah kita di masyarakat Betawi," ujar Anies saat membuka acara Jakarta Hajatan ke-495.

Pada tahun ini, Pemprov DKI Jakarta mengusun tema 'Kolaborasi, Akselerasi, Elevasi'. Ketiga kata tersebut menurut Anies menggambarkan suasana Jakarta selama ini. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ini pun menjabarkan makna ketiga kata tersebut. Kolaborasi adalah kerja sama, seperti yang selama ini dikerjakan oleh Pemprov DKI Jakarta. Kolabiorasi menurut Anies mengandung makna saling support dan kesetaraan.

Akselerasi adalah usaha melakukan percepatan. Anies menjelaskan dalam berbagai hal pihaknya berusaha melakukan percepatan. Dalam upaya meningkatkan pembangunan di ibu kota, termasuk di Kepulauan Seribu. Sedangkan elevasi adalah sesuatu yang berfungsi untuk mengangkat.

“Kita ingin agar kota kita, masyarakat kita naik derajatnya, naik tingkatnya dalam perannya di dalam membahagiakan warganya dalam memajukan kotanya," ujar mantan Rektor Universitas Paramadina ini.

Sebelumnya, Sekertaris Daerah (Sekda) DKI Marullah Matali mengatakan rangkaian acara Jakarta Hajatan ke-495 akan berlangsung selama sebulan, mulai 24 Mei hingga 25 Juni 2022. Beberapa kegiatan yang akan diselengarakan antara lain upacara ziarah taman makam pahlawan, Formula E, hingga malam puncak perayaan yang akan digelar di Jakarta International Stadium (JIS).

Sudah pakai nama lokal, nggak usah diributkan lagi ya.

Tetaplah kritis membaca berita!

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Terkini

X