• Jumat, 1 Juli 2022

Dapat Tugas dari Jokowi, Luhut Bakal Audit Semua Perusahaan Sawit Juni 2022

- Rabu, 25 Mei 2022 | 10:00 WIB
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan. Foto : Dok. Kemenko Marves
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan. Foto : Dok. Kemenko Marves

Watyutink.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan mengatakan bakal melakukan audit terhadap semua perusahaan kelapa sawit. Langkah ini sebagai upaya menyesaikan permasalahan minyak goreng yang terjadi sejak beberapa bulan lalu.

Saat berbicara di Jakarta, Selasa 24 Mei 2022, Luhut memperkirakan audit akan dimulai pada Juni 2022. Menurutnya tindakan audit perusahaan kelapa sawit bisa menjadi sejarah. Pasalnya selama ini belum pernah ada audit terhadap perusahaan kelapa sawit.

Luhut menjelaskan hal-hal yang bakal diaudit adalah berapa luas lahannya, bagaimana kelengkapan administrasi, surat-suratnya, seperti Hak Guna Usaha (HGU), Hak Pengolaan Lahan (HPL), dan sebagainya. Hal itu menurut Luhut penting dilakukan agar jelas statusnya.

"Nanti kami audit juga semua (perusahaan) kelapa sawit yang belum pernah sepanjang sejarah kita lakukan, luasnya berapa, suratnya, HGU-nya (Hak Guna Usaha), HPL (Hak Pengelolaan), statusnya supaya jelas," kata Luhut.

Mantan Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) ini menambahkan pemerintah juga akan mengaudit kantor pusat perusahaan sawit. Perusahaan kelapa sawit dilarang berkator pusat di luar negeri. Semua harus bermarkas di dalam negeri agar pajak yang dibayar masuk ke kas negara.

Luhut juga bakal memantau produksi dan distribusi minyak goreng. Tindakan tersebut guna memastikan pasokan minyak goreng berlangsung normal.

"Supply hari ini sudah cukup, lebih, dan sekarang harga sudah mulai turun. Kita pastikan distribusi jalan, penyaluran jalan, pengawasan jalan oleh Satgas Pangan," ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan kini juga menangani persoalan minyak goreng. Hal ini setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) menugaskan Luhut turut menangani masalah minyak goreng, terutama soal distribusi yang dirasa masih kacau balau.

Saat menghadiri perayaan puncak dies natalis Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) ke-60, di Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), Sabtu 21 Mei 2022, Luhut mengatkan dirinya mendapat perintah langsung dari Jokowi untuk menangani persoalan minyak goreng.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Terkini

X