• Selasa, 5 Juli 2022

Tesla Resmi Bangun Pabrik di Thailand Rp1,2 Triliun, Bagaimana Indonesia?

- Sabtu, 28 Mei 2022 | 09:00 WIB
Jokowi bertemu Elon Musk di Space X. Foto : Dok. Biro Pers Setpres
Jokowi bertemu Elon Musk di Space X. Foto : Dok. Biro Pers Setpres

Watyutink.com - Perusahaan milik Elon Musk dikabarkan resmi mendirikan pabrik di Thailand. Bahkan Tesla Company (Thailand) Ltd diketahui sudah teregistrasi sebagai perusahaan baru di Thailand dengan investasi awal sebesar 3 juta bath atau Rp1,2 triliun. 

Dikutip dari detik.com yang melansir The Thaiger, Jumat 27 Mei 2022, Department of Business Development, Ministry of Commerce Thailand menyatakan Tesla resmi terdaftar sebagai perusahaan sejak Rabu 25 Mei 2022. Disebutkan bahwa Tesla ingin melakukan penetrasi pasar kendaraan listrik atau electric vehicles. 

Tesla juga akan memasang sistem sektor energy storage system (ESS) atau sistem penyimpanan energi. Ministry of Commerce Thailand juga melaporan Tesla akan memproduksi atau merakit mobil listrik. Salah satu nama yang menjadi perwakilan Tesla di Thailand adalah David Jon Feinsten sebagai Global Senior Director-Trade Market Acces. David diketahui pernah menjadi direktur Tesla India pada Januari 2021.

Ada pula Vaibhav Taneja yang menjabat sebagai Chief Accounting Officer. Vaibhav juga menjabat direktur Tesla India Motors and Energy Private Ltd pada Januari 2021. Sedangkan posisi Tesla Asset Manager dan juga Chief Financial Officer Tesla Energy Operations dijabat oleh Yaron Klein.

Sebelumnya pada Maret 2022, pemerintah Thailand menyetujui anggaran 3 miliar baht untuk mensubsidi harga kendaraan listrik di negara Gajah Putih itu. Pemerintah Thailand juga akan mengurangi pajak penghasilan atas kendaraan listrik. Itulah sebabnya kehadiran Tesla dinilai sejalan dengan kebijakan pemerintah Thailand yang tengah gencar mengurangi emisi karbon. 

Tak pelak kabar kehadiran Tesla di negara yang juga bernama Muangthai ini dikaitka pula dengan Indonesia. Pasalnya pemerintah juga tengah merayu Elon Musk membangun pabrik di Indonesia. 

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan investasi Tesla di Indonesia masih dalam proses. Orang terkaya di dunia itu disebut-sebut bakal mendirikan pabrik di Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Saat memberikan keterangan, Sabtu 24 Mei 2022, Luhut menyatakan untuk investasi dalam jumlah besar dibutuhkankan waktu dan kesabaran. Hal ini agar investasi tersebut benar-benar membawa manfaat bagi masyarakat. 

"Masuknya investasi dari suatu perusahaan itu tidak semudah menjentikkan jari, ini butuh proses dan waktu yang tidak sebentar. Apalagi ini investasi dengan nilai jumbo. Jadi kita harus sabar, supaya nantinya bisa benar-benar membawa manfaat besar bagi masyarakat dan negara seperti yang kita semua harapkan," ujar Luhut.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Terkini

Tax Amnesty II Raup Pajak Rp61 Triliun

Jumat, 1 Juli 2022 | 21:45 WIB
X