• Jumat, 1 Juli 2022

Putra Ridwan Kamil Sudah 3 Hari Hilang, Dubes RI di Swiss: Tak Ada Batas Waktu Pencarian

- Minggu, 29 Mei 2022 | 09:00 WIB
Dubes RI untuk Swiss Muliaman Hadad
Dubes RI untuk Swiss Muliaman Hadad

Watyutink.com - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bers Swiss menyatakan proses pencarian putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz akan terus dilakukan. Meskipun sudah 3 hari remaja berusia 23 tahun yang biasa dipanggil Eril itu hilang terseret arus Sungai Aare. Hingga Sabtu 28 Mei 2022 keberadaan Eril masih hilang.

KBRI Bern dalam pernyataan tertulisnya mengatakan proses pencarian masih belum membuahkan hasil. Tim SAR dan kepolisian Swiss menurut KBRI, bahkan menerjunkan kapal dan drone guna menemukan Eril. Peralatan tersebut digunakan terutama di lokasi kritis sepanjang Sungai Aare.

"Penyelam juga dikerahkan di beberapa lokasi yang dapat diakses di sepanjang sungai," tulis KBRI Bern.

Tim pencarian dipimpin Kepala Kepolisian Maritim Bern, Urs Käller dan Kepala Kepolisian Regional, Thomas Mueller. Kedua berjanji akan mengabarkan setiap perkembangan terbaru proses pencarian Eril kepada pihak keluarga.

Sebelumnya Duta Besar RI untuk Swiss Muliaman Hadad menyatakan proses pencarian Eril tidak ada batas waktu maksimalnya. Saat memberikan keterangan pers Sabtu 28 Mei 2022, Muliaman menuturkan Tim SAR dan Kepolisian Swis tidak menyebut berapa hari pencarian akan dihentikan.

"Tidak ada spesifik waktu, batas waktu maksimum kapan pencarian ini dihentikan karena ketika kami bertemu Tim SAR, jawaban polisi sungai adalah 'tugas kami menjaga sungai'. Mereka tidak mengatakan dalam berapa hari tidak ditemukan akan dihentikan," ujar Muliaman

Mantan Deputi Gubernur Bank Indonesia  ini memastikan pencarian Eril akan terus dilakukan setiap hari hingga ditemukan. Muliaman mengakui ada waktu kritikal pencarian. Berdasarkan informasi yang didapat waktu kritikal adalah 3 hari sejak menghilang. Korban juga biasanya ditemukan dalam 3 pekan sejak kejadian.

Beberapa kendal yang dirasakan Tim SAR adalah arus Sungai Aare yang cukup deras. Selain itu menurut Muliaman, air sungai yang keruh juga menjadi menyulitkan proses pencarian putra sulung Ridwan Kamil. "Tidak ada kendala spesifik di luar ini, kendalanya sangat alami," ujarnya.

Sungai Aere diketahui mempunyai panjang sekitar 295 km. Suhu air sungai mencapai 16 derajat celcius. Berdasarkan informasi yang diperoleh KBRI, Sungai Aare memang sering menelan korban. Dalam setahun rata-rata 15-20 orang hilang saat berenang di Sungai Aare.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Terkini

X