• Selasa, 5 Juli 2022

Tegaskan Bukan Menteri Segala Urusan, Luhut: Saya Menko Marves

- Senin, 30 Mei 2022 | 09:00 WIB
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan. Foto : Dok. Biro Pers Setpres
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan. Foto : Dok. Biro Pers Setpres

Watyutink.com - Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan dirinya bukan Menteri Segala Urusan. Luhut menyatakan dirinya adalah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves). Pernyataan tersebut menanggapi jargon yang selama ini berkembang, 'Luhut datang, semua beres.' 

Saat berbicara di Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut, seperti dikutip dari kumparan.com, Minggu 29 Mei 2022, Luhut memperlihatkan sikap tidak senang dengan julukan itu. Luhut menolak dirinya disebut menteri segala urusan.

"Orang pikir ini mau menteri segala macam, ndak, saya bukan menteri segala macam. Saya hanya Menteri Koordinator Bidang Maritim," ujar Luhut.

Mantan Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) ini menerangkan sektor kemaritiman yang ditanganinya mempunyai subsektor yang sangat kompleks. Terlebih 70 persen wilayah Indonesia adalah laut. 

Terkait penunjukannya menangani masalah minyak goreng, Luhut menuturkan dirinya tidak hanya mengurusi masalah ketersediaan salah satu bahan pokok itu. Luhut menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta dirinya mengurus atau me-manage minyak goreng bahkan dadi hulunya. 

"Saya langsung ke hulunya, semua kelapa sawit itu harus kita audit supaya tahu luasnya berapa, plasmanya berapa, yield-nya berapa, produksinya berapa, di mana headporternya," ungkap Luhut.

Mantan Menko Polhukam ini menambahkan pengalaman sebagai prajurit memudahkannya melakukan integerasi banyak hal. Hal itu pula yang membuatnya bisa menyelesaikan semua tugas yang dipercayakan kepadanya. 

"Bukan sekadar siapa yang nangani, mau siapa yang nangani yang penting beres. Buat saya adalah ingat berpegang teguh pada tujuan," tegas Luhut.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi menugaskan Luhut turut menangani persoalan minyak goreng, terutama soal distribusi yang dirasa masih kacau balau. Hal itu disampaikan Luhut saat menghadiri perayaan puncak dies natalis Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) ke-60, di Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), Sabtu 21 Mei 2022, 

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Terkini

Tax Amnesty II Raup Pajak Rp61 Triliun

Jumat, 1 Juli 2022 | 21:45 WIB
X