• Selasa, 5 Juli 2022

Megawati Tak Hadiri Pernikahan Adik Jokowi, Pengamat: Pertanda Hubungan Sedang Tidak Baik

- Senin, 30 Mei 2022 | 10:00 WIB
Pernikahan adik Jokowi tidak dihadiri Megawati. Foto : kompas.com
Pernikahan adik Jokowi tidak dihadiri Megawati. Foto : kompas.com

Watyutink.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menjadi kakak ipar Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman. Hal ini setelah pada Kamis 26 Mei 2022 Anwar menikah dengan Idayati yang tak lain adalah adik kandung Jokowi. Resepsi pernikahan keduanya dilaksanakan di Solo, Jawa Tengah pada hari yang sama.

Namun ada yang aneh dengan acara tersebut, yakni tidak hadirnya Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Kader PDIP di Solo dan Jawa Tengah juga tidak tampak dalam acara tersebut. Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDIP Hasto Kristiyanto menyatakan pihaknya tidak diundang dalam acara resepsi pernikahan Anwar Usman dan Idayati.

Saat memberikan keterangan di Senayan, Jakarta, Jumat 27 Mei 2022, Hasto mengatakan hal itulah yang menjadi alasan Megawati dan kader PDIP tidak hadir dalam acara tersebut. Meski demikian, Hasto turut mendoakan pasangan Anwar Usman dan Idayati.

"Kalau acara perkawinan kan nggak ada yang mengundang. Kami juga bisa mendoakan," ujar Hasto di Senayan, Jakarta Pusat, Jumat, 27 Mei 2022.

Hasto menambahkan kondisi pandemi Covid-19 juga menjadi salah satu pertimbangan. Menurutnya Covid-19 belum benar-benar pergi dari tanah air. Itulah sebabnya masih diperlukan kewaspadaan dan kehati-hatian. Terlebih saat ini PDIP tengah mempersiapkan kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang akan digelar 21-23 Juni 2022.

Tidak hadir di acara pernikahan adik Jokowi menurut Hasto adalah pilihan terbaik. "Jadi ya kita bersyukur, kita mendoakan, agar semoga perkawinannya langgeng, abadi, dan dipersatukan oleh cinta kasih dari Tuhan yang maha kuasa," kata Hasto.

Meski demikian dalam acara tersebut terlihat hadir beberapa menteri kabinet dari PDIP, seperti Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Hadir pula Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah.

Namun pendapat berbeda disampaikan pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin. Saat memberikan keterangan, seperti dikutip dari tempo.co, Jumat 27 Mei 2022, ketidak hadiran Megawati dan Puan Maharani menjadi tanda hubungan keduanya dengan Jokowi sedang tidak baik.

"Saya melihatnya sedang ada hubungan yang tak baik antara Jokowi dengan Megawati dan Puan. Jika hubungannya baik, maka baik Megawati dan Puan pasti akan memprioritaskan datang di acara nikah adiknya Jokowi," ujar Ujang.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Terkini

Tax Amnesty II Raup Pajak Rp61 Triliun

Jumat, 1 Juli 2022 | 21:45 WIB
X