• Selasa, 5 Juli 2022

Siapkan Aturan Baru, Pemerintah Bakal Larang Mobil Mewah dan Plat Merah Beli Pertalite

- Senin, 30 Mei 2022 | 13:00 WIB
Mobil mewah bakal dilarang beli Pertalite. Foto : titro.id
Mobil mewah bakal dilarang beli Pertalite. Foto : titro.id

Watyutink.com – Pemerintah dikabarkan bakal membuat aturan soal penggunaan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis Pertalite dan Solar. Dalam aturan yang tengah digodok, disebutkan penggunaan kedua jenis BBM itu bakal dibatasi.Tidak semua masyarakat bisa dengan bebas membeli Pertalite dan Solar. Aturan tersebut akan mengatur pula terkait kenaikan harga minyak dunia dan kemungkinan konsumen beralih menggunakan BBM non subsidi menjadi BBM subsidi akibat perbedaan harga yang cukup tajam.

Sekretarus Jenderal (Sekjen) Dewan Energi Nasional (DEN) Djoko Siswanto menerangkan atruan baru akan merevisi Peraturan Presiden (Prepres) Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Harga Jual Eceran BBM. Dalam keterangannya, seperti dikutip dari Antara, Senin 30 Mei 2022, Djoko menuturkan aturan baru akan menyempurnakan aturan soal Pertalite dan Solar.

"Di dalam perpres tersebut tidak hanya BBM jenis Pertalite yang akan disempurnakan, satu lagi yang lebih krusial BBM jenis solar karena solar masih disubsidi meskipun subsidi per liter, tetapi harganya masih sangat murah kalau dibandingkan dengan solar nonsubsidi," ujar Djoko.

Djoko mengatakan, harga solar bersubsidi hanya sebesar Rp5.100 per liter, sedangkan harga solar nonsubsidi mencapai Rp13 ribu per liter. Hal yang sama dengan Pertalite yang saat ini berharga Rp7.650 per liter. Harga ini jauh di bawah Pertamax yang jual seharga Rp12.500 per liter. Perbedaan harga yang cukup jauh itu menjadikan konsumen banyak beralih dari Pertamax ke Pertalite.

Kondisi ini membuat beban yang ditanggung PT Pertamina menjadi semakin berat. Pasalnya Pertamina harus mengimpor sekitar 50 persen dengan harga yang lebih tinggi. Padahal perusahaan BUMN itu tetap menjual BBM di bawah harga keekonomian. "Dua hal ini yang akan diatur lebih lanjut oleh perpres baru tersebut," tambah Djoko.

Sebelumnya anggota Komisi VII DPR, Mulyanto mengatakan pemerintah akan mengatur kriteria konsumen yang boleh beli Pertalite. Nantinya BBM dengan Research Octane Number (RON) 90 itu tidak boleh dibeli oleh kendaraan mewah dan plat merah. Mulyanto menuturkan aturan tersebut dilakukan dengan mengintesifkan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

Saat memberikan keterangan, Minggu 29 Mei 2022, Mulyanto menambahkan aturan terkait penggunaan Pertalite akan segera diterbitkan oleh Badan Penghatur Hilir Minyak dan Gas (BPH Migas) atau Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).    

Namun Direktur BBM BPH Migas, Alfon Simanjuntak masih enggan mengungkapkan secara pasti kriteria konsumen yang bisa membeli Pertalite. Saat memberikan keterangan, Minggu 29 Mei 2022, Alfon mengatakan pihaknya saat ini masih menunggu usulan yang disampaikan pada Kementerian ESDM. Alfon menambahkan, selain Pertalite, pihaknya juga tengah mempersiapkan petunjuk teknis soal pembelian gas LPG bersubsidi ukuran 3 kilogram.

“Aturannya sedang dipersiapkan bersama PT Pertamina dan Kementerian ESDM,”ujar Alfon.  

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Terkini

Tax Amnesty II Raup Pajak Rp61 Triliun

Jumat, 1 Juli 2022 | 21:45 WIB
X