• Jumat, 1 Juli 2022

Dewan Pers Minta Media Tak Buat Berita Ramalan Hilangnya Putra Ridwan Kamil

- Senin, 30 Mei 2022 | 14:00 WIB
Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra. Foto : republika.co.id
Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra. Foto : republika.co.id

Watyutink.com – Dewan Pers meminta media massa menampilkan berita dengan memperhartikan kode etik jurnalistik. Imbauan ini terkait dengan pemberitaan hilangnya putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz. Permintaan tersebut disampaikan Ketua Dewan Pers, Azyumardi Azra melalui keterangan pers tertulis, Minggu 29 Mei 2022.

Dalam pernyataanya, Azyumardi meminta insan pers dan jajaran news room berbagai platform media tidak membuat berita yang bersifat prediksi atau ramalan. Hal itu sebagai bentuk tanggung jawab terhadap profesi dan pembacanya. Menurut Dewan Pers, kode etik dan tanggung jawab insa pers bisa berdampak positif bagi masyarakat.

"Dewan Pers mengimbau kepada seluruh insan pers dan jajaran news room dari berbagai platform media di tanah air untuk bekerja sesuai dengan kode etik dan melakukan pemberitaan dengan penuh tanggung jawab dan berdampak positif bagi publik," ujar Azyumardi

Guru besar Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta itu menambahkan lembaga pers sebaiknya lebih banyak menampilkan karya jurnalistik yang memberikan berdampak positif bagi kemanusiaan serta sesuai kode etik. Salah satunya dengan tidak melakukan glorifikasi lantaran bisa memberikan perasaan tidak nyaman bagi keluarga korban.

"Dewan Pers pun mengajak seluruh jajaran redaksi di seluruh platform media bersama-sama mengedepankan jurnalisme empati dan memegang teguh kode etik jurnalistik,” ujar Azyumardi.

Sebelumnya beberapa media online menampilkan berita yang bersumber dari pernyataan Rara Esti Wulandari terkait hilangnya Emmeril Khan Mumtadz atau Eril setelah hanyut di Sungai Aare, Bern, Swiss. Rara sempat menjadi perhatian publik saat menjadi pawing hujan saat gelarang balapan sepeda motor MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Maret 2022 silam.

Melalui akun instagramnya, @rara_cahayatarotindigo, yang dipantau pada Sabtu 28 Mei 2022, Rara mengunggah video ‘moment membaca tarot Mas Eril.’ Dalam unggahan terebut Rara mengaku melihat dan mengetahui keberadaan Eril. Rara bahkan menyebut Eril memakai baju biru dan celana hitam. Fakta unik itu didapatkan Rara saat ini melakukan meditasi.

“Hanya saja fakta yg unik saat meditasi aku melihat sosok mas Eril itu pakai celana warga gelap dan prediksiku akan ketemu petunjuk sobekan celana. Saat itu media online belum memuat kabar baju terlahir yg dipakai mas Eril anak pak Ridwan Kamil yg ternyata warna biru dan celana hitam,” ujar Rara.

Wanita kelahiran Papua yang kini menetap di Bali itu juga memprediksi Eril akan ditemukan dalam kondisi meninggal. Jasadnya akan ditemukan pukul 08.00 waktu setempat. Rara menyampaikan itu berdasarkan ramalan kartu tarotnya. Rara juga menyebut Eril akan ditemukan di arah arus Sungai Aare ke arah selatan kanan. Rara memprediksi tim pencari Eril akan menemukan sobekan celana pendek warna gelap.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Terkini

X