• Selasa, 5 Juli 2022

Sudah Siapkan Skenario, Panitia Formula E Pastikan Tak Gunakan Pawang Hujan

- Selasa, 31 Mei 2022 | 09:00 WIB
Suasana balap Formula E di Prancis. Foto : bola.com
Suasana balap Formula E di Prancis. Foto : bola.com

Watyutink.com - Panitia lomba balap mobil listrik Formula E di Jakarta atau Jakarta E-Prix menegaskan tidak berminat menggunakan jasa pawang hujan. Panitia berdalih Jakarta E-Prix yang bakal digelar Sabtu 4 Juni 2022 itu berbeda dengan lomba balap motor MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Seperti diketahui, pada ajang MotoGP Maret 2022 lalu, panitia menggunakan jasa pawang hujan. Kala itu aksi pawang hujan  Rara Esti Wulandari sempat menjadi perhatian publik. Beberapa pembalap bahkan sempat menirukan gerakan Rara saat beraksi menahan hujan turun.

"Tidak perlu pawang-pawanglah dan InsyaAllah, jam tiga sore mudah-mudahan nggak ada angin ribut," kata Managing Director Formula E Jakarta, Gunung Kartiko saat memberikan keterangan di Jakarta, Minggu 29 Mei 2022.

Gunung menambahkan pihaknya akan menggunakan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sebagai acuan. Hal itu akan menentukan langkah apa yang nantinya akan diambil.

"Mulai sekarang kita akan aware juga terhadap ramalan cuaca BMKG untuk mengetahui nantinya seperti apa," jelasnya.

Sementara itu Principle HSE Consultant FEO, Richard Bates mengatakan, panitia sudah menyiapkan skenario jika nantinya saat balapan berlangsung turun hujan. Saat memberikan keterangan, Senin 30 Mei 2022, Richard menuturkan balapan akan dihentikan sementara. Namun jika hujannya biasa-biasa saja balapan akan tetap dilanjutkan.

"Sangat jelas, kalau terjadi hujan sangat deras di arena balapan sehingga tidak bisa melihat maka balapan akan setop. Tapi kalau terjadi hujan yang biasa tidak masalah, ya lanjut," kata Richard.

Menurutnya, sirkuit Ancol sudah dilengkap drainase yang membuat lintasan balap kering dengan cepat. Saat race director dan marshal melihat ada begitu banyak air, balapan akan dihentikan sementara demi keselamatan pembalap.

Ajang lomba balap mobil listrik Formula E Jakarta E-Prix akan dilaksanakan Sabtu 4 Juni 2022 di Sirkuit Ancol, Jakarta Utara. Lomba ini akan diikuti 22 mobil balap listrik yang saat ini semua telah tiba di Jakarta.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Terkini

Tax Amnesty II Raup Pajak Rp61 Triliun

Jumat, 1 Juli 2022 | 21:45 WIB
X