• Selasa, 5 Juli 2022

Harga Minyak Goreng Curah Turun, Pemerintah Hentikan Subsidi Mulai Hari Ini

- Selasa, 31 Mei 2022 | 10:00 WIB
Subsidi minyak goreng curah dihentikan mulai hari ini. Foto : Antara/Adeng Bustomi
Subsidi minyak goreng curah dihentikan mulai hari ini. Foto : Antara/Adeng Bustomi

Watyutink.com - Pemerintah menegaskan bakal menghentikan pemberian subsidi minyak goreng curah mulai hari ini, Selasa 31 Mei 2022. Keputusan tersebut lantaran harga minyak goreng curah perlahan-lahan mulai turun. Hal itu disampaikan Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Putu Juli Ardika saat memberikan keterangan pers, Senin 30 Mei 2022.

Dalam pernyataannya Putu menyebut pencabutan subsidi minyak goreng curah juga setelah Kementerian Perdagangan (Kemendag) membuat kebijakan baru terkait kewajiban pemenuhan kebutuhan domestik (domestic market obligation/DMO) dengan harga yang ditetapkan (DPO).

Meski subsidi dicabut, Putu menjamin harga minyak goreng curah akan tetap berada di kisaran Rp15.500 per kilogram atau Rp14.000 per liter. Putu menambahkan perubahan subsidi juga bisa menjadi klaim hak ekspor bagi pengusaha. Namun ia tidak menjelaskan secara rinci berapa besaran hak ekspor para pengusaha.

"Besaran hak ekspor ini sedang proses penetapan di Kementerian Perdagangan. Kami dari Kemenperin hanya menyuplai data yang ada di Simirah," ujarnya.

Putu menambahkan syarat untuk mendapatkan klaim hak ekspor tidak berbeda dengan syarat untuk mendapatkan subsidi. Namun harus dipastikan kelengkapan dokumen perusahaan sudah diverifikasi.

Saat ini saat ini sebanyak 35 perusahaan yang mengajukan izin ekspor minyak goreng dan bahan baku minuak goreng. Mereka adalah bagian dari 75 perusahaan yang ikut berperan menyalurkan minyak goreng curah bersubsidi dana (Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS).

"Mereka itu eksportir produsen minyak goreng bersedia mengkonversi subsidi menjadi hak ekspor, " imbuh Putu.

Kalau nanti harganya naik lagi gimana pak?

Tetaplah kritis membaca berita!

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Terkini

Tax Amnesty II Raup Pajak Rp61 Triliun

Jumat, 1 Juli 2022 | 21:45 WIB
X