• Jumat, 1 Juli 2022

Pertamina Bantah Beli Pertalite Hanya Boleh Maksimal Rp200 Ribu

- Kamis, 2 Juni 2022 | 13:00 WIB
Pertamina bantah ada pembatasan pembelian Pertalite. Foto : Antara/M Agung Rajasa
Pertamina bantah ada pembatasan pembelian Pertalite. Foto : Antara/M Agung Rajasa

Watyutink.com - PT Pertamina menepis kabar adanya pembatasan pembelian bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite maksimal Rp200 ribu. Pertamina menyatakan sampai saat ini tidak ada aturan yang membatasi konsumen membeli BBM dengan Research Octane Number (RON) 90 itu. 

Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga SH C&T Pertamina, Irto Ginting mengakui pernah ada kebijakan semacam itu. Namun pembatasan pembelian Pertalite hanya berlaku saat arus mudik Lebaran 2022. Saat itu pembelian dibatasi guna mencegah terjadinya antrean panjang kendaraan di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

"Untuk mempercepat antrian, bersama pengelola rest area disepakati pengisian maksimal Rp200 ribu. Setelah terurai kembali normal jumlah pembeliannya," kata Irto seperti dikutip dari cnbcindonesia.com, Rabu 1 Juni 2022. 
 
Irto menegaskan secara umum belum kebijakan terkait pembatasan pembelian Pertalite. Ke depan pun juga tidak ada. "Saat ini belum ada pembatasan seperti yang disebutkan tadi," ujarnya.

Sebelumnya Sekretaris Jenderal Dewan Energi Nasional (DEN), Djoko Siswanto mengaku mengalami pembatasan pembelian Pertalite. Saat memberikan keterangan, Senin 30 Mei 2022, Djoko menjelaskan dirinya sempat membeli Pertalite di salah satu SPBU Pertamina.

Saat sedang melakukan perjalanan dari luar kota, Djoko mengaku tengah antre membeli Pertalite. Hal itu lantaran di SPBU itu Pertamax sedang habis. 

"Saya bilang isi 50 liter dia bilang gak boleh pak maksimum dibatasi 200 ribu, nah kalau seperti ini akan lebih mudah bagi pelaksana di lapangan," ujar Djoko. 

Memang pembelian tidak dibatasi tapi stok Pertalite di SPBU sering kosong. 

Tetaplah kritis membaca berita!

Editor: Yusuf Rinaldy

Terkini

X