• Selasa, 5 Juli 2022

Polisi Banting Pendemo dari Atas Truk, Kapolres Rokan Hulu, Riau, Minta Maaf

- Sabtu, 4 Juni 2022 | 13:00 WIB
Polisi banting pendemo dari atas truk. Foto : Twitter
Polisi banting pendemo dari atas truk. Foto : Twitter

Watyutink.com - Kapolres Rokan Hulu, Riau, AKBP Eko Wimpiyanto meminta maaf atas tindakan anggotanya saat mengamankan aksi demonstrasi sejumlah buruh Senin 30 Mei 2022. Saat itu sejumlah buruh tengah menyuarakan tuntutan di depan PT KSM, Desa Teluk Aur, Rokan Hulu. 

Saat mengamankan aksi tersebut seorang polisi melakukan aksi kekerasan terhadap pendemo. Polisi diketahui membanting seorang buruh dari atas truk. Tindakan tersebut dinilai tidak tepat dan kurang humanis. 

"Kami mohon maaf apabila proses penegakan hukum yang dilakukan kurang tepat ataupun masih kurang humanis," kata Eko saat memberikan keterangan Jumat 3 Juni 2022. 

Eko menjelaskan saat itu aksi demonstrasi berjalan ricuh. Akibat polisi terpaksa melakukan tindakan pengamanan terjadap peserta aksi demo. Beberapa diantaranya bahkan terpaksa diamankan. 

Saat itulah menurut Eko seorang polisi membanting pendemo yang saat itu berada di atas truk sampai terjatuh. Video kejadian tersebut sempat beredar dan menjadi viral di media sosial. Eko menegaskan pihaknya bakal memberikan tindakan tegas terhadap anggota polisi yang melakukan tindakan pelanggaran saat mengamankan aksi unjuk rasa. 

"Pada prinsipnya, kami akan melakukan tindakan tegas terhadap personel kami yang melakukan pelanggaran," tambahnya.

Sebelumnya pada Kamis 2 Juni 2022. beredar video yang memperlihatkan beberepa polisi yang mengamankan aksi demonstrasi di Rokan Hulu, Aksi demonstrasi di depan PT KSM itu terjadi pada Senin 30 Mei 2022. 

Dalam video yang menjadi viral itu terlihat polisi mengenakan baret berwarna biru. Seorang polisi kemudian naik ke atas bak truk. Polisi itu lalu memiting dan membanting seseorang hingga terjatuh daro truk. 

Video berdurasi 40 detik itu sontak menarik perhatian warganet. Sebagian besar menyayangkan sikap polisi yang dinilai berlebihan. Terlebih jarak antara bak truk dengan jalalana cukup tinggi. Warganet menyebut buruh yang dibanting bisa saja mengalami cedera. Bahkan bukan tidak mungkin cedera yang dialami berakibat fatal.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Terkini

Tax Amnesty II Raup Pajak Rp61 Triliun

Jumat, 1 Juli 2022 | 21:45 WIB
X