• Jumat, 1 Juli 2022

Tegaskan Pemerintah Pusat Dukung Formula E, Jokowi: Bisa Jadi Event Masa Depan

- Minggu, 5 Juni 2022 | 10:25 WIB
Jokowi serahkan trophy Formula E. Foto : tribunnews.com
Jokowi serahkan trophy Formula E. Foto : tribunnews.com

Watyutink.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan pemerintah pusat sejak awal mendukung pelaksanaan ajang balap mobil listrik Formula E di Jakarta. Hal ini terlihat dari pemberian izin, mulai dari pembangunan sirkuit hingga hari 'H' pelaksanaan balapan. 

Pernyataan itu disampaikan Jokowi di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Sabtu 4 Juni 2022. Usai menyerahkan trophy kepada Mitch Evans dari tim Jaguar TCS yang menjadi juara, Jokowi menyebut semuanya mendapat dukungan pemerintah.

"Semua yang baik untuk negara ini kita dukung. Saya kira mulai dari pembangunan sirkuitnya, saya juga turun untuk melihat persiapan," ujar Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menambahkan banyak hal terkait gelaran Formula E yang bisa terlaksaan atas izin pemerintah pusat. Jokowi mencontohkan, semua yang berkaitan dengan bea cukai dan barang-barang masuk. Selain itu perizinan juga dikeluarkan oleh Kementerian Keuangan dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"Kemudian juga semua yang berkaitan dengan barang-barang masuk, bea cukai, kemudian kementerian keuangan, kemenparekraf juga, izin semua dikeluarkan. Itu bentuk dukungan," tambah Jokowi.

Mantan Walo Kota Surakarta, Jawa Tengah itu mengaku bersyukur gelaran Formula E di Jakarta berjalan lancar dan sukses. Jokowi berharap Formula E bisa mendorong masyarakat beralih dan mendukung penggunaan energi ramah lingkungan.

Formula E juga bisa menjadi awal pengenalan masyarakat terhadap mobil listrik. Menurut Jokowi saat ini sudah mulai terjadi pergeseran pemakai mobil listrik.

"Ya alhamdulillah semua berjalan dengan lancar dan baik. Saya kira ini event masa depan karena kita tahu nanti akan ada pergeseran dari mobil yang sekarang banyak nanti ke pemakai mobik listrik," kata Jokowi kepada awai media di JIEC, Ancol, Jakarta Utara.

Kalau mendukung kok nggak ada BUMN yang jadi sponsor?

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Terkini

X