• Jumat, 9 Desember 2022

Harga Tiket Candi Borobudur Rp750.000 Belum Final, Luhut: Akan Dikaji Ulang

- Senin, 6 Juni 2022 | 09:00 WIB
Candi Borobudur. Foto : cnbcindonesia.com
Candi Borobudur. Foto : cnbcindonesia.com

Watyutink.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan rencana kenaikan harga tiket masuk Candi Borobudur dari Rp50.000 menjadi Rp750.000 belum final. Pasalnya rencana tersebut masih dalam pembahasan.

Saat memberikan keterangan, Minggu 5 Juni 2022, Luhut mengatakan keputusan final akan ditentukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pekan depan. Lantaran belum final, usulan kenaikan tiket masuk Candi Borobudur masih bisa dikaji ulang.

"Saya mendengar banyak sekali masukan masyarakat hari ini terkait dengan wacana kenaikan tarif untuk turis lokal. Karena itu nanti saya akan minta pihak-pihak terkait untuk segera mengkaji lagi supaya tarif itu bisa diturunkan," ujar Luhut.

Namun untuk kenaikan tiket bagi wisatawan mancanegara Luhut memastikan tidak akan berubah. Turis asing akan tetap dikenakan harga tiket 100 dolar Amerika Serikat (AS). Hal yang sama dengan tiket masuk untuk pelajar tidak berubah, tetap Rp5000 per orang.

Luhut menerangkan, pengenaan harga tiket Rp750.000 untuk turis lokal dan 100 dolar AS bagi turis asing berlaku jika menaiki kawasan Candi Borobudur. Jika hanya masuk ke pelataran candi peninggalan Kerajaan Mataram Kuno itu, wisatawan lokal dikenakan tiket seharga Rp50.000 dan wisatawan asing Rp25 dolar AS.

Sedangkan wisatawan asal Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta bakal mendapat tarif khusus.

Seperti diberitakan pemerintah berniat melakukan pembatasan jumlah turis yang mengunjungi kawasan wisata Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan menaikkan harga tiket masuk, baik bagi turis lokal maupun manca negara.

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan dalam keterangan melalui akun Instagramnya, Sabtu 4 Juni 2022 menyatakan pemerintah akan membatasi jumlah pengunjung sebanyak 1.200 orang per hari.

Nantinya pengunjung Candi Borobudur akan dipungut tiket masuk seharga Rp750.000 untuk wisatawan lokal. Sedangkan turis asing dikenakan tiket masuk 100 dolar AS atau setara dengan Rp1.443.000 (kurs Rp 14.400). Harga tersebut 2 kali lipat harga tiket turis lokal.
Khusus untuk pelajar tarifnya Rp5000 per orang.

Luhut menjelaskan pembatasan jumlah turis dimaksudkan demi menjaga keleatarian kawasan Candi Borobudur. Selain itu juga untuk melestarikan sejarah dan budaya Nusantara.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Terkini

RKUHP Disahkan, Pengamat: Indonesia Makin Mirip China

Kamis, 8 Desember 2022 | 14:30 WIB
X