• Jumat, 9 Desember 2022

Minta Masyarakat Tak Khawatir, Luhut Jamin Harga Minyak Goreng Tidak Akan Naik Lagi

- Senin, 6 Juni 2022 | 14:00 WIB
Pekerja menuangkan minyak goreng curah saat operasi pasar. Foto : Antara
Pekerja menuangkan minyak goreng curah saat operasi pasar. Foto : Antara

Watyutink.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menjamin harga minyak goreng akan segera membaik. Itulah sebabnya Luhut meminta masyarakat tidak perlu khawatir apalagi panik. Ia pun menjamin harga minyak goreng curah akan stabil dalam waktu dekat dan dijual di kisaran Rp14.000 – Rp15.000 per liter atau sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET).

Saat memberikan keterangan, Minggu 5 Juni 2022, Luhut menyebut pemerintah sudah mencabut subsidi untuk harga minyak goreng. Selain itu pemerintah juga mengubah kebijakan terkait minyak goreng dari subsidi menjadi penerapan Domestic Market Obligation (DMO) dan Domestik Price Obligation (DPO) bagi para pengusaha.

"Hal ini dilakukan untuk membanjiri pasar domestik hingga dapat memudahkan masyarakat dalam mencari minyak goreng curah dengan HET Rp 14.000 atau Rp 15.000 sekian," kata Luhut dalam keterangan persnya.

Mantan Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) ini  menjelaskan, pemerintah menetapkan jumlah DMO minyak goreng sebanyak 300.000 ton per bulan sejak 1 Juni 2022. Jumlah tersebut 50 persen lebih tinggi dibandingkan kebutuhan domestik. Luhut menambahkan pemerintah bakal menyalurkan minyak goreng curah sesuai HET ke daerah-daerah yang belum terjangkau program subsidi.

"Dengan kebijaksanaan ini, pemerintah mengimbau masyarakat untuk tidak panik atau galau atau tidak perlu khawatir, pasokan domestik akan berkurang atau harga akan kembali meningkat. Ini kami pastikan tidak terjadi," ucap Luhut.

Mantan Menko Polhukam ini menambahkan, terkait penambahan biaya angkut, pemerintah akan memberikan angka kompensasi pengalih ekspor. Mekanisme ini diyakini bakal menjadikan harga minyak goreng curah terjangkau masyarakat di seluruh wilayah Indonesia. "Harga minyak goreng curah bisa terjangkau di seluruh tanah air karena akan kita berikan pengalihnya itu bertambah sesuai dengan jauh atau ongkos transportasi tadi," ucap Luhut.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi menugaskan Luhut turut menangani persoalan minyak goreng, terutama soal distribusi yang dirasa masih kacau balau. Hal itu disampaikan Luhut saat menghadiri perayaan puncak dies natalis Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) ke-60, di Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), Sabtu 21 Mei 2022,

Tugas tersebut diberikan seiring masih sulitnya masyarakat mendapatkan minyak goreng, terutama jenis curah. Meski pemerintah telah menetapkan harga eceran tertinggi (HET) Rp14.000 per liter tapi di pasaran harganya tidak sesuai dengan ketentuan.

Dengan turut sertanya Luhut, kini masalah minyak goreng ditangani oleh 3 kementerian sekaligus, yakni Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, dan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves).

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Terkini

RKUHP Disahkan, Pengamat: Indonesia Makin Mirip China

Kamis, 8 Desember 2022 | 14:30 WIB
X