• Jumat, 1 Juli 2022

Anies, Andika, dan Ganjar Resmi jadi Bakal Calon Presiden Partai NasDem

- Sabtu, 18 Juni 2022 | 10:00 WIB
Ketum Partai NasDem Surya Paloh umumkan 3 bakal Capres hasil Rakernas 2022. (Instagram @official_nasdem)
Ketum Partai NasDem Surya Paloh umumkan 3 bakal Capres hasil Rakernas 2022. (Instagram @official_nasdem)


Watyutink.com - Partai NasDem secara resmi mengumkan 3 nama bakal Calon Presiden (Capres). Ketiganya adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Panglima TNI Andika Perkasa, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Pengumuman ketiganya disampaikan secara langsung oleh Ketua Umum (Ketum) Partai NasDem Surya Paloh di actaa Rapat Kerja Nasional Rakernas Partai NasDem di Jakarta Convention Center (JCC), Jumat 17 Juni 2022. Paloh menyebut terpilihnya 3 nama tersebut berdasarkan usulan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem seluruh Indonesia.

Paloh menyatakan, dalam pandangannya 3 nama tersebut mempunyai kualitas yang sama. Bahkan bos Media Group ini menyebut tidak ada yang kurang antara satu dengan yang lain.

"Tiga nama ini adalah pilihan saudara-saudara, saya harus mengingatkan tidak ada yang kurang satu sama lain di antara 3 nama ini. Nilainya sama di mata saya sebagai ketum DPP, urutannya boleh satu, dua, tiga, tapi itu berdasarkan urutan baca. Kualifikasinya sama, dan itulah komitmen saya kepada saudara-saudara di rakernas ini" ujar Paloh.

Sementara itu Ketua Steering Committee (SC) Rakernas Partai NasDem, Prananda Paloh mengatakan 3 nama itu sudah sesuai dan memenuhi kreteria Partai NasDem. Baik dari pandanvan Ketua Umum Surya Paloh maupun persyaratan yang diajukan partai.

"Tiga nama itu tentu sudah sesuai kriteria yang diinginkan ketua umum. Dan memenuhi persyaratan yang diajukan Partai NasDem," ujar Prananda.

Sebelumnya terdapat 25 nama yang muncul sebagai bakal capres. Semunya berdasarkan usulan 34 DPW. 5 nama muncul sebagai pemuncak. Anies Baswedan diposisi teratas dengan perolehan 32 suara. Disusul Ganjar dengan 29 suara. Selanjutnya masing-masing Erick Thohir 16 suara, Rachmat Gobel 14 suara dan Andika Perkasa 13 suara.

Meski dalam urutan Andika menempati urutan kelima, namun berdasarkam hasil musyawarah SC, mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) itu yang disusulkan bersama Anies dan Ganjar.

Sempat muncul pula nama beberapa kepala daerah seperti Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Banten Wahidin Halim, Gubernur Nusa Tenggara Timur NTT Viktor Laiskodat, dan Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor. Namun perolehan suara mereka jauh di bawah Anies, Andika dan Ganjar.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

X