• Selasa, 5 Juli 2022

Masalah Minyak Goreng Curah, Mendag: Pak Luhut Sudah Punya Tim yang Tangani

- Sabtu, 18 Juni 2022 | 13:00 WIB
Mendag Zulkifli Hasan meninjau ketersediaan minyak goreng curah di Pasar Koja Baru, Jakarta Utara (kemendag.go.id)
Mendag Zulkifli Hasan meninjau ketersediaan minyak goreng curah di Pasar Koja Baru, Jakarta Utara (kemendag.go.id)



Watyutink.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menyatakan pihaknya mendukung langkah yang dilakukan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dalam menangani masalah minyak goreng curah. Pria yang biasa disapa Zulhas ini yakin tindakan Luhut bakal mampu memastikan pasokan minyak goreng curah di pasar.

Saat melakukan kunjungan ke Pasar Koja Baru, Jakarta Utara, Jumat 17 Juni 2022, Zulhas mengatakan Kementerian Perdagangan (Kemendag) bakal fokus menangani ketersediaan minyak goreng curah di pasar. Selain itu Kemendag bakal menjaga agar harga jualnya tetap stabil dan terjangkau.

"Di Kemenko, Pak Luhut sudah ada tim yang menangani minyak goreng curah," ujar Zulkifli saat berada di Pasar Koja Baru.

Ketua Umum (Ketum) PAN ini menambahkan kehadirannya di beberapa pasar guna memastikan ketersediaan minyak goreng curah sesuai dengan Domestic Market Obligation (DMO). Zulhas menegaskan pemerintah ingin minyak goreng curah selalu ada di pasar. Sehingga masyarakat bisa mendapatkannya dengan mudah.

"Saya keliling ke pasar untuk memastikan ketersediaannya dengan DMO itu, barang itu ada. Ini kita lihat, pemerintah datang ke sini memastikan barang itu ada," katanya.

Mantan Menteri Kehutanan ini menuturkan keputusan pemerintah menghapus minyak goreng curah adalah langkah tepat. Langkah tersebut menurutnya bakal menyelesaikan carut marut minyak goreng di tanah air. Nantinya masyarakat bisa beralih menggunakan minyak goreng kemasan sederhana.

Meski demikian Zulhas menambahkan penghapusan minyak goreng curah tidak bisa serta merta dilakukan. Tindakan tersebut membutuhkan proses dan tidak bisa dilakukan secara instan. Zulhas pun bertekad bakal memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Menurut Zulkifli, penghapusan minyak goreng curah menjadi solusi yang jelas untuk permasalahan minyak goreng di Indonesia. Namun, hal tersebut membutuhkan proses, sehingga tidak bisa instan dihapus total.

"Jadi ini semua butuh proses kan, tapi kita ini Kemendag memastikan agar masyarakat dapat pelayanan yang baik. Kemasan yang sederhana kan lebih baik kualitasnya," ucap Zulkifli.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Tax Amnesty II Raup Pajak Rp61 Triliun

Jumat, 1 Juli 2022 | 21:45 WIB
X