• Jumat, 1 Juli 2022

Koalisi Gerindra PKB Usung Pasangan Prabowo Muhaimin di Pilpres 2024

- Senin, 20 Juni 2022 | 09:00 WIB
Partai Gerindra dan PKB sepakat berkoalosi usung Prabowo-Muhaimin di Pilpres 2024 ( Twitter)
Partai Gerindra dan PKB sepakat berkoalosi usung Prabowo-Muhaimin di Pilpres 2024 ( Twitter)


Watyutink.com - Koalisi yang dibangun Partai Gerindra dan PKB tampaknya sudah menghasilkan 'jagoan' yang bakal diusung pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Wakil Ketua Umum PKB mengatakan pasangan yang bakal diusung adalah Prabowo Subianto sebagai calon presiden (Capres) dan Muhaimin Iskandar sebagai calon wakil presiden (Cawapres).

Jazilul memastikan pengumuman atau deklarasi pasangan Prabowo-Muhaimin akan dilaksanakan secepatnya. Hal ini agar persiapan menghadapi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 bisa segera dilaksanakan. Menurutnya deklarasi tinggal mencari 'hari baik' saja.

Saat berbicara, Minggu 19 Juni 2022, Jazilul menjelaskan pihaknya menyadari tidak bisa mengusung Cak Imin- panggilan Muhaimin Iskandar- sendirian. Itulah sebabnya PKB menjalin komunikasi dengan partai lain.

"PKB sadar betul suara kami tak cukup mengusung Gus Muhaimin menjadi presiden. Maka kami melakukan komunikasi dengan partai lain," ujar Jazilul.

Meski pada awalnya ingin maju sebagai Capres, Cak Imin menurut Jazilul tidak keberangkatan menjadi Cawapres. Namun dalam kesempatan itu, Jazilul tidak menjelaskan lebih rinci apakah ada kompromi antaran Cak Imin dan Prabowo.

Terkait koalisi Gerindra-PKB, anggota DPR RI ini nantinya akan menggunakan nama Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya. Nama tersebut menunjukkan ciri khas kedua partai.

Jazilul menambahkan, terbentuknya Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya sekaligus menutup peluang PKB bergabung dengan Koalisi Semut Merah yang sebelumnya digagas bersama PKS dan Partai Demokrat. Namun Jazilul menyebut tidak menutup kemungkinan menarik PKS dan Partai Demokrat bergabung dengan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya.

Jazilul menuturkan sampai saat ini pihaknya terus membuka komunikasi dengan kedua partai. “Kami membuka komunikasi dengan PKS dan Demokrat untuk mencari kecocokan bersama,” tuturnya.

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

X