• Jumat, 1 Juli 2022

Anies Dipastikan Bakal Masuk Nominasi Capres PKS, Habib Salim: Elektabilitsanya Tinggi, Peluang Menang Besar

- Senin, 20 Juni 2022 | 14:00 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri Milad PKS ke-20 di Istora Senayan, Jakarta (pks.id)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri Milad PKS ke-20 di Istora Senayan, Jakarta (pks.id)

Watyutink.com – Peluang Gubernur DKI Jakarta menjadi calon presiden (Capres) yang diusung PKS sangat besar. Pasalnya PKS menilai Anies mempunyai elektabilitas yang cukup tinggi. Sehingga peluang bisa menang dan terpilih menjadi RI1 dinilai sangat besar.

Penilaian itu disampaikan Ketua Majelis Syuro PKS, Salim Segaf Al Jufri saat berbicara di Jakarta Convention Center (JCC) Minggu 19 Juni 2022. Pria yang  biasa disapa Habib Salim ini menyatakan Anies sudah pasti bakal masuk dalam nominasi Capres yang bakal diusung PKS.

"(Anies) masuk nominasi ya, masuk nominasi. Pasti lah yang popularitasnya tinggi, elektabilitasnya tinggi kan pasti nominasi, punya peluang untuk menang," ujar Habib Salim.

Meski demikian mantan Menteri Sosial ini menyatakan semuanya tergantung hasil musyawarah Majelis Syuro sebagai lembaga tertinggi di partai berlambang padi dan bulan sabit itu. Habib Salim menambahkan kemungkinan hal itu akan diputuskan dalam rapat Majelis Syuro pada Agustus 2022. Menurutnya PKS memiliki mekanisme sendiri dalam menentukan capres yang akan diusung, yaitu melalu pembahasan di Majelis Syuro.

Baca Juga: Tepis Tudingan Anies Tak Fokus Kerja karena Nyapres, Politisi PKS: Janji Kampanye Banyak Tercapai

Sementara itu bakal menggelar Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) pada Seni-Selasa 20-21 Juni 2022. Agenda acara yang berlangsung di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta itu salah satunya adalah menentukan kriteria capres yang bakal diusung PKS pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Dalam pernyataan di situs resmi, www.pks.id, Senin 20 Juni 2022 disebutkan, Rapimnas akan diikuti jajaran Dewan Pengurus Pusat (DPP) dan Dewan Pengurus Wilayah (DPW) dari seluruh Indonesia. Rapimnas juga akan memutuskan dengan partai mana PKS akan berkoalisi.   

Ketua DPP PKS Bidang Hubungan Masyarakat Ahmad Mabruri menjelaskan dalam Rapimnas akan meminta masukan dari pimpinan DPW. Selanjutnya rekomendasi Rapimnas akan diserahkan untuk dimusyawarahkan Majelis Syuro. Namun Mabruri tidak yakin Rapimnas akan menyebut nama calon yang bakal diusung.

Baca Juga: Merasa Terhormat Jadi Bakal Capres Partai NasDem, Anies: Ini Trobosan Baru

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

X