• Jumat, 1 Juli 2022

Pimpinan PKS Sebut Mayoritas Kader Ingin Anies Baswedan Jadi Capres 2024

- Selasa, 21 Juni 2022 | 10:30 WIB
Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Muhammad Sohibul Iman (pks.id)
Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Muhammad Sohibul Iman (pks.id)

 

Watyutink.com - Sinyal PKS bakal mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden (Capres) 2024 semakin kuat. Pasalnya masyoritas kader, simpatisan dan pemilih PKS menginginkan Gubernur DKI Jakarta itu maju sebagai Capres 2024. Hal inilah yang menjadi dasar kuat bagi PKS mengusung Anies.

Wakil Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Muhammad Sohibul Iman membenarka mayoritas pemilih PKS memilih Anies Baswedan sebagai capres. Saat berbicara di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Senin 20 Juni 2022, Sohibul menuturkan PKS sampai saat ini belum menentukan siapa capres yang akan diusung.

Baca Juga: Anies Dipastikan Bakal Masuk Nominasi Capres PKS, Habib Salim: Elektabilitsanya Tinggi, Peluang Menang Besar

Sohibul menambahkan untuk bisa menjadi Capres yang diusung, Anies tidak harus bergabung atau menjadi kader PKS.

Kalau melihat hasil survei beberapa lembaga, memang yang paling besar pemilih PKS ke Anies Baswedan,” kata Sohibul di Hotel Sahid, Senin (20/6/2022).

Saat ini, kata Sohibul, PKS belum menentukan siapa capres yang akan diusung. Namun apabila nantinya Majelis Syuro mengusulkan Anies sebagai capres, Sohibul menyebut Anies tak wajib masuk PKS. Mantan Wakil Ketua DPR RI itu menambahkan tidak ada aturan yang mengharuskan Capres yang dicalonkan berasal dari kader.

“Enggak masuk PKS enggak masalah. Jadi sekaligus kita ingin memberikan politik kepada masyarakat. Kan banyak yang berpersepsi karena pencapresan itu harus lewat parpol seolah olah dia harus jadi kader parpol tidak demikian,” kata dia.

Sohibul mengakui mekanisme pencalonan harus lewat parpol. Tapi bukan berarti harus anggota parpol. “Ketentuan UUD itu memang mekanisme nya harus lewat parpol, tapi bisa bukan orang parpol bisa juga dia tidak harus jadi kader parpol,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

X