• Sabtu, 20 Agustus 2022

Pengamat Sebut PDIP Bakal Kalah jika Tidak Berkoalisi di Pilpres 2024

- Minggu, 26 Juni 2022 | 11:00 WIB
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri saat memberikan pengarahan di acara Rakernas  (Instagram @pdiperjuangan)
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri saat memberikan pengarahan di acara Rakernas (Instagram @pdiperjuangan)

Watyutink.com - Pengamat politik Universitas Paramadina Hendri Satrio menyatakan semua partai politik (parpol) harus bekerjasama dengan partai lain untuk menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, termasuk PDIP.

Partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu memang telah melewati ambang batas Presidential Threshold 20 persen. Sehingga sudah bisa mengusung pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden (Capres-Cawapres) sendiri. Namun pria yang biasa disapa Hensat ini menyebut PDIP bisa kalah jika tidak bekerjasama atau berkoalisi dengan partai lain. 

Saat memberikan keterangan Minggu 26 Juni 2022, pendiri lembaga survei Kelompok Kajian dan Diskusi Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) ini menyebut pernyataanya berdasarkan survei yang telah dilakukan.

"Hasil survei KedaiKOPI, PDIP harusnya kerja sama. Kalau jalan sendiri walaupun bisa, akan kalah nantinya," ujarnya.

Baca Juga: Hasto Tegaskan PDIP Tak Bakal Berkoalisi dengan PKS dan Demokrat

Hensat menuturkan sampai saat ini PDIP belum mengumumkan dengan siapa bakal berkoalisi guna menghadapi Pemilu 2024. Hal serupa dengan siapa sosok yang bakal diusung sebagai Capres pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Meski demikian partai berlambang Banteng Moncong Putih itu tetaplah pihak yang diperhitungkan pada pesta demokrasi 2024 mendatang.

Tingginya suara PDIP menurut Hensat akan membuat banyak partai berusaha menggandeng partai yang berkantor pusat di Jalan Diponegoro 58, Menteng, Jakarta Pusat itu. Kerja sama dengan PDIP akan membuat peluang memenangkan Pemilu semakin besar.

Masalahnya menurut Hensat adalah sampai saat ini PDIP belum menentukan siapa yang bakal diusung pada Pilpres 2024. Hensat menyebut terdapat 2 nama yang santer disebut-sebut bakal diusung, yakni Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Ketua DPR RI Puan Maharani.

Baca Juga: Ganjar Bacakan Rekomendasi PDIP Soal Capres 2024, Pengamat: Peringatan Keras untuk Relawan

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

X