• Senin, 15 Agustus 2022

Kedapatan Bawa Alat Pancing, Barang Bawaan Jamaah Haji Indonesia Disita Petugas

- Senin, 27 Juni 2022 | 14:00 WIB
Barang bawaan petugas PPIH juga turut diperiksa di Bandara Arab Saudi  (kemenag.go.id)
Barang bawaan petugas PPIH juga turut diperiksa di Bandara Arab Saudi (kemenag.go.id)

Watyutink.com - Ada-ada saja ulah jamaah calon haji Indonesia. Terkadang ulah mereka mengundang tawa petugas yang memeriksa dan membantu keberangkatan jamaah calon haji ke tanah suci. Salah satunya yang terjadi di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur.

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Jawa Timur Husnul Maram, mengatakan saat dilakukan pemeriksaan koper ditemukan jamaah calon haji yang membawa alat pancing. Lantaran masuk dalam katagori barang yang tidak boleh dibawa, terpaksa alat pancing tersebut disita petugas.

Temuan alat pancing tergolong aneh lantaran Arab Saudi, terutama Kota Mekkah dan Madinah berada di padang pasir yang tidak ada sungai atau danau. Kemungkinan alat pancing atau joran itu akan digunakan sebaga tiang bendera sebagai tanda kelompok jamaah haji.

Keterangan serupa disampaikan Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Arsad Hidayat. Dalam keterangannya yang dikutip dari laman resmi kemenag.go.id Sabtu 25 Juni 2022 mengatakan pada koper jamaah ditemukan pula benda-benda terlarang seperti korek api dan power bank yang disimpan di koper besar.

Arsad menambahkan ada pula jamaah Indonesia yang membawa surat tanah dan uang senilai Rp17 juta. Hal ini menurut Arsad diketahui saat pihaknya mendapat laporan adanya barang jamaah yang tertinggal di salah satu hotel Kota Madinah. Setelah ditelusuri diketahui barang tersebut milik jemaah kloter 4 Embarkasi Solo (SOC 04).

Pihak hotel yang menjadi tempat menginap jamaah haji itu akhirnya berusaha untuk mengembalikan harta berharga tersebut ke petugas haji di Daerah Kerja (Daker) Madinah.

Pihak Kemenag pun meminta jamaah calon haji lebih teliti saat memilih barang apa saja yang akan dibawa selama menjalankan ibadah haji di tanah suci. Pasalnya Kementerian Haji dan Umroh Arab Saudi telah menetapkan 15 barang yang tidak boleh dibawa. Barang-barang tersebut terbagi dalam 4 golongan, yakni pertama,  alat tajam, yang meliputi gunting, pisau, pisau bedah dan pisau tajam.

Kedua, perkakas kerja/tangan, yang meliputi kunci pas, bor, palu dan paku baja. Ketiga, semua jenis senjata api, yang meliputi senjata, senjata api, kembang api, dan pistol setrum. Keempat, alat lain seperti, zat beracun, bahan yang mudah terbakar dan produk terkompresi.

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Prabowo Deklarasikan Diri Maju Sebagai Capres 2024

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 10:30 WIB
X