• Sabtu, 20 Agustus 2022

Mulai 1 Juli 2022 Beli Pertalite dan Solar Wajib Daftar di MyPertamina

- Selasa, 28 Juni 2022 | 09:00 WIB
Masyarakat yang ingin membeli Pertalite dan Solar wajib daftar di MyPertamina  (MyPertamina.id)
Masyarakat yang ingin membeli Pertalite dan Solar wajib daftar di MyPertamina (MyPertamina.id)

Watyutink.com - PT Pertamina menyatakan mulai 1 Juli 2022 masyarakat yang akan membeli bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite dan Solar harus mendaftar terlebih dahulu. Hal itu dikatakan Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution dalam keterangan resminya Senin 27 Juni 2022.

Dalam pernyataannya, Alfian menerangkan masyarakat bisa melakukan pendaftaran melalui aplikasi MyPertamina atau website MyPertamina

"Kami menyiapkan website MyPertamina, yakni https://subsiditepat.mypertamina.id/ yang dibuka pada 1 Juli 2022," ujar Alfian.

Pertamina menurut Alfian tengah melakukam inovasi dalam penyaluran BBM subsidi kepada masyarakat yang berhak. Aturan wajib daftar daftar sebagai upaya agar BBM bersubsidi disalurkan dengan tepat sasaran.

Mekanisme pendaftaran adalah, masyarakat terlebih dahulu harus mengakses aplikasi atau website MyPertamina. Selanjutnya manajemen akan mengonfirmasi apakah kendaraan yang didaftarkan berhak untuk mendapatkan Pertalite atau Solar.

Jika sudah terkonfirmasi, masyarakat akan mendapatkan Kode Quick Response (QR). Kode tersebut menunjukkan data yang dimasukkan cocok. Setelah proses pendaftaran selesai, masyarakat bisa membeli Pertalite dan Solar.

Alfian menegaskan, yang terpenting adalah masyarakat memastikan menjadi pengguna yang terdaftar di website MyPertamina. Nantinya seluruh transaksi yang dilakukan akan teracatat secara digital. Pertamina dapat mengenali siapa saja konsumen Pertalite dan solar sehingga ke depannya, bisa menjadi acuan dalam membuat program ataupun kebijakan terkait subsidi energi.

"Jika seluruh data sudah cocok, maka konsumen dapat melakukan transaksi di SPBU dan seluruh transaksinya akan tercatat secara digital," jelas Alfian.

Program ini menurut Alfian juga bisa menjadi acuan bagi Pertama dalam membuat kebijakan terkait subsidi energi bersama pemerintah. Program ini juga bertujuan melindungi masyarakat, terutama yang berhak menikmati bahan bakar bersubsidi.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

X