• Sabtu, 20 Agustus 2022

Pesawat Presiden Jokowi Berputar 360 Derajat di Turki, Istana: Agar Tiba Tepat Waktu Watyutink.com - Pesawat

- Selasa, 28 Juni 2022 | 10:30 WIB
Presiden Jokowi beserta Ibu Negara Iriana berangkat menghadiri KTT G7 di Jerman (Biro Pers Sekretariat Presiden )
Presiden Jokowi beserta Ibu Negara Iriana berangkat menghadiri KTT G7 di Jerman (Biro Pers Sekretariat Presiden )

Watyutink.com - Pesawat Garuda Indonesia GIA-1 yang ditumpangi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan rombongan dikabarkan sempat melakukan manuver berputar 360 derajat saat pesawat terbang di atas wilayah Turki. Hal itu tentu saja menimbulkan pertanyaan, apa yang terjadi?

Namun pihak Istana memastikan tidak ada kejadian yang perlu dikhawatirkan. Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Triadi Machmudin mengatakan pesawat melakukan manuver untuk menyesuaikan jadwal kedatangan Presiden Jokowi di Munich, Jerman.

Saat memberikan keterangan, Senin 27 Juni 2022 Bey menegaskan manuver yang dilakukan tetap memperhatikan aspek keamanan penerbangan. Terlebih manuver yang dilakukan atas persetujuan Sekretaris Militer Presiden Marsekal Muda Mohamad Tonny Harjono yang juga turut dalam penerbangan tersebut.

"Pilot melakukan holding guna menyesuaikan waktu ketibaan dengan tetap mengutamakan aspek keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penerbangan," ujarnya.

Bey menjelaskan pesawat GIA-1 yang membawa Presiden Jokowi diperkirakan tiba di Munich, Jerman lebih awal dari waktu yang ditentukan. Itulah sebabnya pilot memutuskan berputar 360 derajat untuk menyesuaikan waktu penerbangan. Sehingga rombongan Presiden Jokowi mendapat tepat waktu.

"Agar kedatangan pesawat GIA-1 sesuai dengan jadwal yang ditetapkan," ujarnya.

Sebelumnya kabar manuver 360 derajat yang dilakukan pesawat Garuda Indonesia GIA-1 terdeteksi melalui situs pelacak penerbangan Flightradar 24. Kejadian itu terjadi saat pesawat memasuki wilayah udara Turki pada pukul 12.46 UTC atau 19.46 WIB. Setelah melakukan manuver pesawat melanjutkan perjalaan ke Jerman.

Seperti diketahui pada Minggu 26 Juni 2022 Presiden Jokowi berangkat ke Jerman guna menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7. Jokowi juga di jadwalkan bakal melakukan berkunjung ke Ukraina guna melakukan misi perdamaian. Jokowi bertemu dengan Presiden Volodymyr Zelensky untuk mendorong dibukanya ruang dialog dengan Rusia.

Selanjutnya, Jokowi akan bertolak Rusia bertemu dengan Presiden Vladimir Putin dan memintanya menghentikan perang.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

X