• Sabtu, 20 Agustus 2022

PDIP Sebut Puan, Risma, dan Ganjar Penuhi Kriteria Capres 2024

- Rabu, 29 Juni 2022 | 09:00 WIB
Puan, Risma dan Ganjar disebut masuk dalam kriteria Capres PDIP (watyutink.com/yusuf rinaldy)
Puan, Risma dan Ganjar disebut masuk dalam kriteria Capres PDIP (watyutink.com/yusuf rinaldy)

Watyutink.com - PDIP akhirnya menyebutkan nama figur yang sangat mungkin diusung pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Ketiga nama tersebut adalah Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri Sosial Tri Rismaharini dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Hal itu disampaikan Ketua DPP PDIP Eriko Sotarduga, Selasa 28 Juni 2022.

Eriko menyebut untuk saat ini ketiga kader PDIP itulah yang memiliki kriteria dan kapasitas sebagai Capres 2024.

"Jujur saja dalam kapasitas yang ada ini, ada tiga kader kami yang masuk dalam kriteria ini. Ada mbak Puan, ada mas Ganjar, dan ada bu Risma," kata Eriko.

Meski demikian, anggota Komisi V DPR RI ini menegaskan PDIP tidak terburu-buru mengumumkan nama Capres yang bakal diusung. Menurutnya saat ini masih terlalu dini untuk memunculkan nama figur yang bakal menjadi 'jagoan' partai banteng di Pilpres 2024.

PDIP menurut Eriko akan mengikuti prosedur yang ada terkait Pilpres. Politisi kelahiran Medan, Sumatera Utara ini menambahkan partainya berupaya mengusung kader internal dan bukan dari partai lain. Hal ini menurut Eriko untuk menjawab keraguan berbagai pihak soal partai politik tidak mampu menyiapkan kader sebagai kepala daerah maupun pemimpin nasional.

"Artinya dalam hal ini sedikit banyak dengan segala kerendahan hati bahwa PDIP bisa menyiapkan kader untuk menjadi calon pemimpin-pemimpin nasional," ujar Eriko.

Sebelumnya Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menyatakan partainya belum memutuskan figur atau nama yang bakal diusung pada Pilpres 2024. Megawati menyebut Pilpres masih sekitar 2 tahun lagi. Itulah sebabnya partai berlogo Banteng Moncong Putih itu lebih suka menyimpan nama Capres untuk nanti dimunculkan pads saat yang tepat.

Megawati menegaskan untuk menjadi pemimpin negara tidak hanya tergantung elektoral semata. Melainkan haruslah figur yang kuat dan mumpuni secara ideologis. Selain itu pemimpin haruslah sosok yang didambakan rakyat.

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

X