• Sabtu, 20 Agustus 2022

Timnas Israel Bakal Tanding di Indonesia, Warganet Ajak Kibarkan Bendera Palestina di Stadion

- Rabu, 29 Juni 2022 | 14:00 WIB
Logo Timnas Israel  (Twitter )
Logo Timnas Israel (Twitter )

Watyutink.com - Tim Nasional Sepak Bola (Timnas) Israel U-20 dijadwalkan bakal bertanding di Indonesia. Hal ini lantaran Indonesia terpilih menjadi tuan rumah putaran final Piala Dunia U-23 pada 23 Mei hingga 11 Juni 2023 mendatang. Berbagai pihak menyambut riuh rencana kedatangan Timnas Israel.

Sebagian besar masyarakat terutama pecinta sepak bola meminta Indonesia menolak kehadiran tim asal negara zionis itu. Pasalnya sampai saat ini Israel masih melakukan penjajahan dan mencaplok tanah Palestina. Warganet melalui cuitan di media sosial (medsos) menyatakan keberatan menerima kadatangan timnas Israel.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan tidak mungkin Indonesia menolak kehadiran Timnas Israel. Pasalnya Israel adalah salah satu negara yang lolos putaran final Piala Dunia U-20. Sebagai tuan rumah, menurut Zainudin, Indonesia wajib menyambut kedatangan semua tim yang akan berlaga.

Zainudin menambahkan dalam konteks olahraga, penolakan semacam itu tidak dibenarkan. Saat berbicara Selasa 28 Juni 2022, politisi Partai Golkar ini memahami penolakan masyarakat Indonesia terhadap Israel. Hal ini sebagai bentuk dukungan terhadap perjuangan rakyat Palestina yang saat ini masih mengalami penjajahan Israel.

Namun, Zainudin mengatakan olahraga tidak bisa dikaitkan dengan politik. Federasi Sepak Bola Dunia atau FIFA juga telah memperingatkan agar semua peserta bisa bertanding pada putaran final Piala Dunia U-20 di Indonesia.

"Jadikan olahraga itu tidak ada urusan dengan politik. Karena itu FIFA sudah menyampaikan kepada kami, siapa pun negara yang lolos, harus bisa bertanding di Indonesia," ujarnya.

Zainudin menambahkan penolakan terhadap Timnas Israel di Piala Dunia U-20 juga bisa berdampak pada bidding tuan rumah Olimpiade 2036. "Kita juga sedang berniat bidding tuan rumah Olimpiade 2036. Kalau (Israel) tidak diterima ini akan berdampak pada kepercayaan dunia dan lembaga-lembaga olahraga internasional kepada kita," Zainudin.

Pemerhati sepak bola Oryza Wirawan memahami alasan pemerintah tidak menolak kehadiran Timnas Israel. Itulah sebabnya Oryza mengajak pendukung sepak bola Indonesia, terutama yang berada di Kota Surabaya untuk memberikan tekanan terhadap Timnas Israel. Bahkan jurnalis asal Surabaya ini mengajak menjadikan Gelora Bung Tomo Surabaya seperti 'Neraka' bagi Timnas Israel.

"Call for all Bonek. Israel lolos ke Piala Dunia Yunior di Indonesia. Biarkan mereka bermain di Surabaya dan merasakan bermain di bawah tekanan neraka Gelora Bung Tomo," ujarnya melalui cuitan di akun twitternya @oryza_wirawan.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

X