• Sabtu, 20 Agustus 2022

Tak Hanya Pertalite, Beli Gas Elpiji 3 Kg juga Harus Gunakan Aplikasi MyPertamina

- Kamis, 30 Juni 2022 | 09:00 WIB
Pembelian gas Elpiji 3 kg bakal gunakan aplikasi MyPertamina
Pembelian gas Elpiji 3 kg bakal gunakan aplikasi MyPertamina

Watyutink.com - Kewajiban menggunakan aplikasi MyPertamina ternyata tidak hanya untuk pembelian bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite dan Solar. PT Pertamina juga menjadikan MyPertamina syarat masyarakat membeli gas LPG (Elpiji) bersubsidi ukuran 3 kilogram (kg). Hal ini disampaikan Direktur Pemasaran Regional PT Pertamina Patra Niaga (PPN) Mars Ega Legowo Putra saat mengikuti sebuah diskusi virtual, Rabu 29 Juni 2022.

Dalam keterangannya, Ega menyatakan aturan tersebut guna memastikan penyaluran subsidi gas Elpiji 3 kg bisa tepat sasaran. Namun dalam kesempatan itu Ega tidak menjelaskan kapan aturan wajib daftar di MyPertamina bagi pembelian gas Elpiji 3 kg diberlakukan.

Ega hanya menyebut uji coba sudah dilakukan. Artinya aturan wajib daftar di MyPertamina bagi pembelian gas Elpiji 3 kg pasti akan diterapkan.

"Untuk LPG sebenarnya sama, nanti kami akan meminta register (di aplikasi MyPertamina). Sebetulnya kami sudah lakukan uji coba secara diam-diam di 114 ribu penduduk menggunakan MyPertamina. Kita sudah masuk ke tahapan 6 diuji coba yang kita lakukan," ujarnya.

Baca Juga: Pertamina Sebut Pembeli Pertalite Harus Cocokkan Nopol Terdaftar dengan STNK

Ega menerangkan pihaknya akan bekerjasama dengan pemerintah dalam penerapan aturan tersebut. Saat dilakukan uji coba, Pertamina menggunakan data masyarakat yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) milik Kementerian Sosial.

Nantinya Pertamina akan berkoordinasi lebih jauh terkait data DTKS dengan pihak terkait. Pasalnya saat pelaksanaan uji coba tidak diterapkan kepada 100 persen penerima.

"Kami akan berkoordinasi dengan pemerintah apakah tetap menggunakan data DTKS atau menggunakan skema yang kami lakukan dalam pembatasan BBM subsidi nanti," imbuh Ega.

Seperti diberitakan sebelumnya, PT Pertamina menyatakan mulai 1 Juli 2022 masyarakat yang akan membeli bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite dan Solar harus mendaftar terlebih dahulu. Hal itu dikatakan Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution dalam keterangan resminya Senin 27 Juni 2022.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

X