• Sabtu, 20 Agustus 2022

MenpanRB Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia di RS Abdi Waluyo Jakarta

- Jumat, 1 Juli 2022 | 13:00 WIB
MenpanRB Tjahjo Kumolo  (menpan.go.id)
MenpanRB Tjahjo Kumolo (menpan.go.id)

Watyutink.com - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia akibat komplikasi penyakit paru-paru, diabetes dan asam urat. Tjahjo diketahui sejak 2 pekan lalu menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit (RS) Abdi Waluyo.

Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno, dalam keterangannya menyatakan Tjahjo menginggal dunia pada Jumat 1 Juli 2022 sekitar pukul 11.00 WIB. Jenazah Tjahjo Kumolo akan dibawa dari RS Abdi Waluyo ke rumah duka di Kompleks Rumah Dinas Widya Chandra 4 No. 2, Jakarta.

“Betul jam 11 tadi. Sekarang masih di RS Abdi Waluyo,” ujar Hendrawan saat berbincang dengan awak media.

Hendrawan mengakui kondisi kesehatan mantan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) itu menurun dalam beberapa hari terakhir. Awalnya karena kelelahan akibat beban pekerjaan yang cukup berat. Itulah sebabnya Tjahjo harua dirawat di rumah sakit karena komplikasi multiorgan.

“Awalnya kecapean, letih. pekerjaan yang berat, kemudian setelah jatuh sakit, komplikasi, ada paru-paru, diabetes, asam urat. Orang sakit kan komplikasinya berarti multiorgan,” kata Hendrawan.

Politisi PDIP yang lain, Junart Girsang juga mengabarkan meninggalnya Tjahjo Kumolo "Saya baru dapat kabar sekitar 2 menit yang lalu, [Thahjo] sudah dipanggil Tuhan. Sekitar 11.20 WIB," kata Wakil Ketua Komisi II DPR RI ini.

Sebelum masuk dalam kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) periode pertama, Tjahjo menjabat sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP. Pria kelahiran Surakarta, Jawa Tengah 1 Desember 1957 itu menjadi anggota DPR RI sejak 1987 hingga 2014.

Pada mulanya, sejak 1987 sampai 1992 Tjahjo bergabung dengan Partai Golkar. Selanjutnya sejak 1999 sampai 2104, alumnus Universitas Diponegoro, Semarang ini menjadi kader PDIP. Tjahjo juga tercatat pernah menjadi Ketua Umum Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI).

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

X