• Sabtu, 20 Agustus 2022

Politisi PDIP Tegaskan Partainya Hanya Akan Usung Puan Maharani di Pilpres 2024

- Jumat, 1 Juli 2022 | 15:45 WIB
Ketua DPP RI Puan Maharani  (Instagram @puanmaharani)
Ketua DPP RI Puan Maharani (Instagram @puanmaharani)

Watyutink.com - Politisi PDIP Effendi Simbolon menegaskan calon presiden (Capres) yang akan diusung partainya hanyalah Puan Maharani. Effendi bahkan menyebut pengumuman resminya hanya tinggal menunggu hari saja. Ia yakin Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri bakal segera secara resmi mengumumkan Ketua DPR RI itu sebagai Capres dari PDIP.

Saat berbicara dengan awak media di Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta Kamis 30 Juni 2022, pasca Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDIP, Kamis 26 Juni 2022 lalu,
hanya nama Puan yang muncul sebagai bakal Capres. Sedangkan bakal calon wakil presiden (Cawapres) masih menunggu keputusan Megawati.

"Enggak ada lagi nama lain, bahwa nanti dicalonkan dengan siapa, itu kapan waktunya, itu ibu (Megawati). Cuma, pasca-rakernas, cuma Puan," kata dia.

Meski demikian anggota DPR RI ini tidak tahu kapan Megawati bakal menyampaikan pengumuman resmi terkait Capres -Cawapres PDIP. Besar kemungkinan pengumuman akan disampaikan pada saat-saat akhir masa pendaftaran. Pasalnya PDIP juga berharap dukungan partai lain.

"Enggak (last minute) lah. Kita kan butuh dukungan dari (partai) lain, enggak semepet itulah," ucapnya.

Effendi menambahkan, partai banteng moncong putih membuka kemungkinan berkoalisi dengan semua parpol. Namun yang paling memungkinkan adalah Partai Gerindra. "Kan sama Gerindra memungkinkan. Sama partai yang lain juga memungkinkan (koalisi)," tutupnya.

Sebelumnya, Ketua DPP PDIP Eriko Sotarduga menyatakan ada 3 nama yang
yang sangat mungkin diusung pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Ketiga nama tersebut adalah Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri Sosial Tri Rismaharini dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Hal itu disampaikan Ketua DPP PDIP Eriko Sotarduga disebuah tanyangan televisi, Selasa 28 Juni 2022.

Eriko menyebut untuk saat ini ketiga kader PDIP itulah yang memiliki kriteria dan kapasitas sebagai Capres 2024.

"Jujur saja dalam kapasitas yang ada ini, ada tiga kader kami yang masuk dalam kriteria ini. Ada mbak Puan, ada mas Ganjar, dan ada bu Risma," kata Eriko.

Meski demikian, anggota Komisi V DPR RI ini menegaskan PDIP tidak terburu-buru mengumumkan nama Capres yang bakal diusung. Menurutnya saat ini masih terlalu dini untuk memunculkan nama figur yang bakal menjadi 'jagoan' partai banteng di Pilpres 2024.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

X