• Jumat, 9 Desember 2022

Merokok di Masjid Nabawi, Jamaah Haji Indonesia Hampir Ditangkap Polisi Arab Saudi

- Sabtu, 2 Juli 2022 | 09:00 WIB
Suasana subuh di pelataran Masjid Nabawi, Madinah (watyutink.com/yusuf rinaldy )
Suasana subuh di pelataran Masjid Nabawi, Madinah (watyutink.com/yusuf rinaldy )

Watyutink.com - Jamah haji Indonesia dikabarkan harus berurusan polisi Arab Saudi. Penyebabnya karena jamaah yangnl diketahui dari Bekasi, Jawa Barat itu kedapatan merokok di area pelataran Masjid Nabawi di Kota Madinah.

Kepala Daerah Kerja (Daker) Madinah, Amin Handoyo, dalam keterangan yang dilansir dari website Kementerian Agama RI, kemenag.go.id, Sabtu 2 Juli 2022 menerangkan jamaah tersebut sempat hampir ditangkap polisi Arab Saudi. Beruntung petugas penyelenggara ibadah haji (PPIH) Indonesia yang berada di lokasi langsung membantu menyelesaikan masalah tersebut.

Petugas PPIH berhasil melobi polisi Arab Saudi dan berjanji jamaah haji Indonesia tidak akan mengulangi perbuatannya. Jamaah itu pun akhirnya terbebas dari hukaman denda sebesar Rp18 juta rupiah.

Amin pun mengingatkan jamaah haji Indonesia agar lebih berhati-hati saat berada di tanah suci. Ada banyak aturan yang berbeda dengan di Indonesia, salah satunya soal merokok. Di Arab Saudi merokok adalah perbuatan tabu, terlebih jika dilakukan disekitar masjid.

Baca Juga: Kedapatan Bawa Alat Pancing, Barang Bawaan Jamaah Haji Indonesia Disita Petugas

Dikutip dari Al Arabiya, Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Muhammad bin Salman (MBS) menerapkan aturan ketat soal merokok sejak 2018. Jika kedapatan merokok ditempat umum, seperti masjid, sekolah, fasilitas kesehatan, dan sebagainya bisa dikenakan hukuman denda 5.000 riyal atau setara Rp18 juta.

Merokok hanya boleh dilakukan di tempat khusus yang terisolasi. Selain itu hanya boleh dilakukan warga yang berusia 18 tahun ke atas.

Itulah sebabnya Amin meminta jamaah haji Indonesia lebih berhati-hati. sembarangan merokok di Tanah Suci, khususnya ketika sedang menjalankan ibadah haji. Bukan hanya di area masjid, di hotel pun sebaiknya jangan merokok.

Ada banyak tanda dilarang merokok di Madinah, baik di hotel maupun di tempat lain, apalagi ini merokok di dekat Masjid Nabawi yang merupakan salah satu tempat paling suci di Arab Saudi.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

RKUHP Disahkan, Pengamat: Indonesia Makin Mirip China

Kamis, 8 Desember 2022 | 14:30 WIB
X