• Sabtu, 20 Agustus 2022

Penonton Nyalakan Petasan Saat Laga Lawan Vietnam, Indonesia Terancam Sanksi FIFA

- Minggu, 3 Juli 2022 | 13:00 WIB
Indonesia terancam sanksi FIFA karena penyalaan flare  (screenshot YouTube)
Indonesia terancam sanksi FIFA karena penyalaan flare (screenshot YouTube)

Watyutink.com - Indonesia terancam terkena sanksi dari Federasi Sepak Bola Dunia atau FIFA. Hal ini akibat ulah suporter yang menyalakan petasan dan flare atau suar. Tindakan saat laga Grup A Piala AFF U-19 melawan Vietnam di Stadion Patriot Candrabraga, Kota Bekasi Sabtu, 2 Juli 2022 itu dianggap telah mengganggu para pemain.

Pelatih tim nasional U-19 Indonesia Shin Tae-yong menegaskan keberadaan petasan dan flare di stadion saat jalannya pertandingan sangat dilarang FIFA. Itulah sebabnya pelatih yang biasa disapa STY itu khawatir Indonesia akan mendapat sanksi FIFA. STY pun meminta peristiwa penyalaan petasan dan flare tidak terulang lagi.

"Itu mengurangi fokus para pemain kami. Jadi kami mohon agar kejadian itu tidak terulang lagi," ujar Shin usai pertandingan.

Pelatih berpaspor Korea Selatan (Korsel) itu sejatinya sangat senang dengan kehadiran penonton yang tak henti memberikan dukungan kepada Timnas Indonesia. Namun sangat disesalkan penonton melakukan pelanggaran aturan FIFA soal petasan dan flare.

"Saya berterima kasih kepada suporter yang sudah mendukung kami. Namun saya mohon agar fans mengubah budaya negatif sedikit demi sedikit. Apalagi Indonesia terancam sanksi besar dari FIFA karena kejadian ini," tutur STY.

Sementara itu pemain Timnas Indonesia U-19 mengaku menyerahkan urusan petasan dan flare kepada pihak keamanan.
Gelandang Timnas U-19 Indonesia Marselino Ferdinan menyebut dirinya dan pemain lainnya fokus pada pertandingan.

"Kami fokus ke pertandingan karena ada pihak-pihak yang bisa mengendalikan suporter yang menyalakan 'flare' itu," kata Marselino.

Pada laga tersebut Indonesia dan Vietnam berbagai 1 poin setelah hanya mampu bermain imbang 0-0. Hasil itu menjadikan Indonesia sementara berada di posisi ketiga klasemen sementara Grup A Piala AFF U-19 2022. Peringkat pertama dihuni Myanmar, disusul Thailand di posisi kedua.

Sedangkan Vietnam berada di peringkat keempat, disusul masing-masing Filipina dan Brunei Darussalam di posisi 5 dan 6.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

X