• Sabtu, 20 Agustus 2022

Kremlin Beri Penjelasan Soal Pesan Tak Tertulis Zelenskyy untuk Putin Melalui Jokowi

- Senin, 4 Juli 2022 | 10:30 WIB
Jokowi bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin  (setkab.go.id)
Jokowi bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin (setkab.go.id)

Watyutink.com - Pihak Moskow akhirnya memberikan penjelasan soal pesan tidak tertulis yang disampaikan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy kepada Presiden Rusia Vladimir Putin. Pesan tidak tertulis tersebut disampaikan melalui Presiden Indonesian Joko Widodo (Jokowi).

Pernyataan tersebut disampaikan Juru Bicara Istana Kremlin, Dmitry Peskov seperti dikutip dari Kantor Berita Rusia, TASS, Jumat 1 Juli 2022. Meski demikian Peskov tidak memberikan keterangan lebih rinci terkait pesan tidak tertulis Zelenskyy untuk Putin.

"Itu bukan sebuah pesan tertulis. Hanya itu yang bisa saya katakan kepada Anda," ujar Peskov.

Seperti diketahui, usai menghadiri KTT G7 di Jerman, Jokowi langsung bertolak ke Ukraina guna melakukan misi perdamaian. Jokowi diterima langsung oleh Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Kiev pada Rabu 29 Juni 2022.

Saat itu Jokowi menawarkan membawa pesan Zelensky kepada Presiden Rusia Vladimir Putin guna menghentikan peperangan. "Saya menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelensky untuk Presiden Putin yang akan saya kunjungi segera," ujar Jokowi saat itu.

Usai dari Kiev, Jokowi langsung bertolak ke Moskow menemui Presiden Putin. Jokowi berharap kehadirannya bisa menghentikan perang dan membuka ruang dialog antara kedua negara bekas pecanan Uni Soviet itu.

"Saya telah menyampaikan pesan Presiden Zelensky untuk Presiden Putin, dan saya sampaikan kesiapan saya untuk menjadi jembatan komunikasi antara kedua pemimpin tersebut," ujar Jokowi usai bertemu Putin, Kamis 30 Juni.

Namun tak lama berselang, Kantor Presiden Ukraina membantah menitipkan pesan kepada Putin melalui Jokowi. Sekretaris Pers untuk Kantor Presiden Ukraina, Serhii Nikiforov menegaskan Zelenskyy hanya akan menyampaikan pesan kepada Putin secara terbuka.

Nikiforov menyatakan pembicaraan Zelenskyy dan Jokowi lebih banyak tentang ekspor gandum dari Ukraina ke Indonesia. "Indonesia adalah salah satu importir gandum terbesar dari Ukraina, dan blokade pelabuhan Ukraina adalah fokus utama pembicaraan antara presiden [Indonesia dan Ukraina] di Kiev," ujarnya Nikiforov seperti dikutip dari Ukrainska Pravda Minggu 3 Juli 2022.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

X